Text
SKRIPSI ANALISIS INOVASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI DESA PERMATA DI KABUPATEN TEMANGGUNG
ABSTRAK
ANALISIS INOVASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI DESA PERMATA DI KABUPATEN TEMANGGUNG
Oleh: Erma Safitri NPM : 2140201144
Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Desa Permata adalah inovasi pelayanan administrasi kependudukan yang diluncurkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung sejak 2021. Inovasi ini bertujuan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat, meratakan kepemilikan dokumen kependudukan, serta menciptakan pelayanan yang mudah, cepat, dan gratis. Namun, hingga saat ini, masih banyak masyarakat yang belum memiliki dokumen adminduk, sosialisasi yang belum optimal tentang layanan melalui Desa Permata dan rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori inovasi dari Bloch (2011), yang mencangkup empat aspek, yaitu produk, proses, organisasi dan komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi Desa Permata membawa perubahan signifikan dalam pelayanan administrasi kependudukan, inovasi ini berhasil mengubah karakteristik pelayanan dan meningkatkan kemudahan akses bagi masyarakat. Inovasi ini juga mengalami perubahan metode pelayanan dengan memanfaatkan penggunaan teknologi berupa aplikasi Desa Permata yang dapat bertransformasi menjadi pelayanan online, implementasi inovasi ini didukung oleh ketersediaan peralatan yang memadai dan peningkatan keterampilan SDM pelaksana, yang menjadi faktor penting untuk terus ditingkatkan. Inovasi ini mengalami perubahan cara kerja, baik di Disdukcapil maupun di kantor desa, sistem manajemen pelayanan mengalami desentralisasi, pembagian tugas antara Disdukcapil dan kantor desa sudah jelas. Namun, penyebaran informasi terkait layanan ini masih belum optimal, sehingga efektivitas komunikasi perlu diperbaiki agar seluruh masyarakat dapat mengetahui dan mengakses layanan secara merata.
Kata kunci: Inovasi Pelayanan, Administrasi Kependudukan, Aplikasi Desa Permata
Tidak tersedia versi lain