Text
SKRIPSI PENGGUNAAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DALAM MENGUKUR PENERIMAAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI MAGELANG SMART CITY (MAGESTY) DI KOTA MAGELANG
ABSTRAK
PENGGUNAAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DALAM MENGUKUR PENERIMAAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI MAGELANG SMART CITY (MAGESTY) DI KOTA MAGELANG
Faishal Ikhsanul Fikri (2110201018)
Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Aplikasi Magelang Smart City (Magesty) merupakan platform pelayanan digital yang dikembangkan oleh pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang untuk memberikan layanan prima, terintegrasi, dan modern. Meskipun telah digunakan oleh 8.575 pengguna dalam tiga tahun terakhir, penerimaan teknologi ini masih menghadapi kendala pada kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat, yang berdampak pada rendahnya keberlanjutan niat penggunaan secara nyata. Tujuan dari penelitian untuk mengukur seberapa besar pengaruh antar variabel dalam Technology Acceptance Model (TAM) pada penerimaan pengguna terhadap aplikasi Magesty di Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data yang dikumpulkan melalui survei dengan menyebarkan kuesioner ke 156 responden. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan tools SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat hipotesis diterima, yaitu perceived ease of use memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap perceived usefulness, perceived usefulness memiliki pengaruh moderat terhadap behavioral intention to use, perceived ease of use memiliki pengaruh moderat terhadap behavioral intention to use, dan behavioral intention to use memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap actual system use. Pada hasil ini menemukan juga bahwa perceived ease of use dan perceived usefulness menjadi faktor utama yang mempengaruhi niat dan penggunaan nyata aplikasi Magesty baik kelompok masyarakat umum maupun pelaku UMKM di Kota Magelang, dengan penerimaan pengguna sangat dipengaruhi oleh desain antarmuka, infrastruktur pendukung, literasi digital, dan keberlanjutan pengembangan aplikasi. Saran yang bisa diberikan untuk meningkatkan penerimaan pengguna dengan melakukan evaluasi UX, pengembangan lebih lanjut, sosialisasi secara berkala dan pelatihan teknologi.
Kata Kunci: Aplikasi Magesty, Penerimaan Pengguna, TAM
Tidak tersedia versi lain