Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BOOKLAR (BOOKLET ALJABAR) BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP
Kemampuan numerasi keterampilan penting dalam menghadapi tantangan di
era abad ke-21 ini karena berperan dalam segala aspek kehidupan sekaligus menjadi
salah satu pondasi kemajuan suatu bangsa. Namun, fakta di lapangan menunjukkan
bahwa kemampuan numerasi siswa tergolong rendah, termasuk di SMP Negeri 1
Bandongan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil tes kemampuan awal siswa yang
hanya mendapatkan nilai rata-rata 45,34 atau dalam kategori rendah. Di samping
itu berdasarkan analisis kebutuhan dan wawancara, diperoleh bahwa bahan ajar
yang digunakan kurang menarik dan kurangnya inovasi yang dilakukan. Oleh
karena itu, diperlukan inovasi seperti pemanfaatan bahan ajar berbasis
etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan dari Booklar (booklet aljabar) berbasis etnomatematika
untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa SMP. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation) untuk mengembangkan Booklar pada
materi aljabar. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII D SMP Negeri 1
Bandongan dengan jumlah 33 siswa dan dipilih menggunakan teknik cluster
random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, angket
validasi ahli, angket respon, dan soal tes kemampuan numerasi siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan tes.
Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis kevalidan, analisis
kepraktisan, dan analisis keefektifan. Analisis kevalidan dilakukan menggunakan
skala Likert berdasakan hasil penilaian validasi ahli media dan ahli materi. Analisis
kepraktisan dilakukan menggunakan skala Likert berdasarkan hasil angket respon
siswa dan guru. Analisis keefektifan dilakukan menggunakan analisis non
parametrik yaitu uji Wilcoxon berdasarkan hasil nilai pretest dan posttest
kemampuan numerasi siswa
Tidak tersedia versi lain