PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN BOOKLAR (BOOKLET ALJABAR) BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP

ISNAINI NURBAITTI - Nama Orang;

Kemampuan numerasi keterampilan penting dalam menghadapi tantangan di
era abad ke-21 ini karena berperan dalam segala aspek kehidupan sekaligus menjadi
salah satu pondasi kemajuan suatu bangsa. Namun, fakta di lapangan menunjukkan
bahwa kemampuan numerasi siswa tergolong rendah, termasuk di SMP Negeri 1
Bandongan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil tes kemampuan awal siswa yang
hanya mendapatkan nilai rata-rata 45,34 atau dalam kategori rendah. Di samping
itu berdasarkan analisis kebutuhan dan wawancara, diperoleh bahwa bahan ajar
yang digunakan kurang menarik dan kurangnya inovasi yang dilakukan. Oleh
karena itu, diperlukan inovasi seperti pemanfaatan bahan ajar berbasis
etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan dari Booklar (booklet aljabar) berbasis etnomatematika
untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa SMP. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation) untuk mengembangkan Booklar pada
materi aljabar. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII D SMP Negeri 1
Bandongan dengan jumlah 33 siswa dan dipilih menggunakan teknik cluster
random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, angket
validasi ahli, angket respon, dan soal tes kemampuan numerasi siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan tes.
Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis kevalidan, analisis
kepraktisan, dan analisis keefektifan. Analisis kevalidan dilakukan menggunakan
skala Likert berdasakan hasil penilaian validasi ahli media dan ahli materi. Analisis
kepraktisan dilakukan menggunakan skala Likert berdasarkan hasil angket respon
siswa dan guru. Analisis keefektifan dilakukan menggunakan analisis non
parametrik yaitu uji Wilcoxon berdasarkan hasil nilai pretest dan posttest
kemampuan numerasi siswa


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA NUR P 2025
111-UN57.U1-SPM-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA NUR P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XX;243HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?