Text
SKRIPSI ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANSJATENG KORIDOR IV MAGELANG – PURWOREJO
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan penumpang pada layanan Bus Rapid Transit (BRT) TransJateng Koridor IV Magelang – Purworejo. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Peneliti memperoleh data melalui penyebaran survei. Survei disebarkan kepada 100 responden dengan kriteria responden telah menggunakan layanan minimal lebih dari dua kali. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Skor CSI sebesar 77,28% menunjukkan bahwa secara umum penumpang merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh BRT Transjateng Koridor IV Magelang – Purworejo. Namun, pada hasil analisis IPA masih terdapat beberapa aspek yang masih memerlukan perhatian dari pihak pengelola BRT Transjateng Koridor IV Magelang – Purworejo antara lain belum meratanya papan informasi dan fasilitas bagi penumpang disabilitas di pemberhentian bus, kenyamanan dan keamanan penumpang disabilitas yang masih rendah, waktu tiba dan berangkat bus kurang konsisten, serta distribusi titik pemberhentian bus yang belum merata. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi dan perbaikan berkelanjutan guna meningkatkan loyalitas penumpang serta efisiensi sistem angkutan umum di wilayah tersebut.
Kata kunci: Kepuasan penumpang, Kualitas layanan, CSI, IPA.
Tidak tersedia versi lain