Text
SKRIPSI ANALISIS METAKOGNISI SISWA KELAS VIII DALAM MEMECAHKAN MASALAH LINGKARAN DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN
Penelitian ini didasarkan pada hasil tes awal yang menunjukkan bahwa kemampuan metakognisi siswa masih rendah. Hasilnya menunjukkan rata-rata 22,06 untuk siswa laki laki yang terdiri dari 17 siswa dan rata-rata 41,62 untuk siswa perempuan yang terdiri dari 17 siswa. Kondisi ini disebabkan adanya perbedaan metakognisi antara siswa laki laki dan perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan kemampuan metakognisi antara siswa laki laki dan perempuan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII A MTs Ma’arif Tembarak dengan jumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki laki dan 20 siswa perempuan dengan mengambil 3 subjek siswa laki laki dan 3 subjek siswa perempuan dari nilai tertinggi tes. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif. Instrumen yang digunakan ialah soal tes kemampuan metakognisi, pedoman wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Sementara untuk keabsahan data menggunakan triangulasi. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa data hasil tes kemampuan metakognisi pada materi lingkaran, transkip wawancara dengan subjek, serta dokumentasi hasil pengerjaan siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan metakognisi antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Kemampuan metakognisi dalam pemecahan masalah siswa perempuan lebih baik dengan ratarata 65,1 dari pada siswa laki-laki dengan rata-rata 54,8. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa perempuan telah melibatkan metakognisinya dengan baik dalam memecahkan masalah lingkaran, karena sudah memenuhi semua indikator aktivitas metakognisi. Sementara itu, siswa laki-laki belum melibatkan metakognisinya dengan baik dalam memecahkan masalah lingkaran karena hanya memenuhi satu indikator aktivitas metakognisi.
Tidak tersedia versi lain