Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika merupakan hal penting yang harus dikembangkan dan dimiliki oleh setiap peserta didik. Meskipun pemecahan masalah merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika, tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pemecahan masalah matematika di SMP Negeri 1 Tegalrejo belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal itu disebabkan penggunaan model pembelajaran langsung yang belum berorientasi pada pemecahan masalah matematika serta penggunaan media pembelajaran yang masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan LKPD. Menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Serta menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan LKPD dibandingkan peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif berjenis quasi experimental design berbentuk posttest only control design dengan populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tegalrejo tahun pelajaran 2024/2025. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling, didapatkan kelas VIII D menjadi kelas eksperimen dan kelas VIII E menjadi kelas kontrol. Data penelitian didapatkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini memakai uji prasyarat normalitas dengan uji Liliefors serta homogenitas dengan uji F, serta uji kesamaan rerata dengan uji Independent sample t test. Uji hipotesis dihitung dengan uji proporsi dan uji Independent Sample t-test.
Dari hasil penelitian tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas eksperimen sudah mencapai ketuntasan klasikal, (2) kemampuan pemecahan maslah matematika pada kelas kontrol belum mencapai ketuntasan klasikal, (3) kemampuan pemecahan masalah matematika pada peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan LKPD lebih baik dibandingkan peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Model pembelajaran RME berbantuan LKPD dapat dijadikan alternatif bagi pendidik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika karena model pembelajaran RME berbantuan LKPD lebih baik daripada model pembelajaran langsung
Tidak tersedia versi lain