Text
SKRIPSI PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GENIALLY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 11 MAGELANG
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah pada materi surat dinas, yaitu sebesar 68,18% siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah. Permasalahan tersebut disebabkan oleh minat siswa yang kurang terhadap materi surat dinas dan penggunaan media pembelajaran yang masih terbatas sehingga proses pembelajaran menjadi kurang efektif dan kurang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis surat dinas pada siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Magelang melalui penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis genially. Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design dengan melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran genially dan kelas kontrol yang menggunakan media powerpoint. Instrumen penelitian meliputi tes keterampilan menulis surat dinas yang diberikan sebelum (pretest) dan sesudah (postest) perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif dan inferensial untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kedua kelompok. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 44,22, dibandingkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 36,83. Selanjutnya dilihat dari hasil N-Gain, bahwa penggunaan media pembelajaran genially berdistribusi efektif yang dibuktikan dari nilai rata-rata NGain kelas eksperimen sebesar 78,82 lebih besar dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 46,55. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran genially memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan menulis surat dinas siswa. Berdasarkan hasil uji t diketahui nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan nilai rata-rata yang signifikan antara keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VII C dan kelas VII D di SMP Negeri 11 Magelang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran berbasis genially dapat menjadi solusi inovatif untuk mengatasi rendahnya keterampilan menulis surat dinas pada siswa SMP. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya untuk materi yang dianggap sulit dan kurang diminati siswa. Peneliti merekomendasikan agar guru-guru mulai mengintegrasikan vii media interaktif seperti genially dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan siswa secara optimal.
Tidak tersedia versi lain