PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK THREE TIER TEST BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MENGUKUR MISKONSEPSI SISWA SMP KELAS VII MATERI GERAK DAN GAYA

RIMA WIJAYANTI - Nama Orang;

Miskonsepsi dalam pembelajaran IPA dapat menghambat pemahaman konsep
ilmiah siswa, terutama pada materi gerak dan gaya di SMP, dan salah satu penyebab
utamanya adalah rendahnya literasi sains yang seharusnya melatih kemampuan
berpikir kritis serta memecahkan masalah berbasis bukti. Penelitian ini bertujuan
mengembangkan instrumen diagnostik three tier test untuk mengukur tingkat
miskonsepsi siswa sekaligus menilai kelayakannya, baik dari segi teoritis maupun
empiris. Kelayakan teoritis diperoleh melalui validasi ahli yang melibatkan dua
dosen IPA Universitas Tidar dan tiga guru IPA SMP/MTs, sedangkan kelayakan
empiris dianalisis melalui tingkat kesukaran, daya pembeda, reliabilitas, dan
validitas konstruk dari butir soal yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan
metode Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design,
Develop, Disseminate). Berdasarkan hasil penelitian, instrumen diagnostik three
tier test yang dikembangkan terbukti layak digunakan. Kelayakan teoritis diperoleh
melalui validasi dua dosen IPA Universitas Tidar dan tiga guru IPA SMP/MTs,
sedangkan kelayakan empiris dinilai melalui uji coba pada siswa meliputi
reliabilitas, validitas konstruk, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Hasil
menunjukkan instrumen valid (rata-rata 0,90), reliabel (0,84), tingkat kesukaran
sedang (rata-rata 0,34), dan daya beda cukup (0,21). Hasil pengukuran
menunjukkan rata-rata miskonsepsi siswa pada materi gerak dan gaya sebesar 25%
(kategori rendah), dengan miskonsepsi tertinggi pada konsep gaya dan faktor yang
memengaruhi gerak benda sebesar 34%. Analisis literasi sains menunjukkan rata
rata miskonsepsi siswa 25% (kategori rendah), tertinggi pada konsep gaya dan
faktor yang memengaruhi gerak benda. Instrumen terbukti layak digunakan, dan
penguatan literasi sains disarankan untuk mengurangi miskonsepsi. Guru
dianjurkan menekankan pemahaman konsep berbasis literasi sains, dan peneliti
selanjutnya dapat mengembangkan instrumen untuk materi IPA lain.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA WIJ P 2025
103-UN57.U1-SI-VIII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA WIJ P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;299 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?