Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SUB MATERI DAUR BIOGEOKIMIA KELAS X SMA NEGERI 2 GRABAG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sumber belajar yang digunakan di
SMA Negeri 2 Grabag. Hal ini berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar
siswa. Selain itu pada materi ekosistem khususnya pada sub materi daur
biogeokimia merupakan materi yang dianggap sulit oleh siswa. Pada materi daur
biogeokimia siswa harus bisa menghubungkan antara biologi, kimia, dan komponen
abiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan booklet berbasis
Problem Based Learning (PBL) pada sub materi daur biogeokimia kelas X SMA
Negeri 2 Grabag berdasarkan ahli materi, ahli media, tanggapan guru, dan siswa
guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Sumber belajar yang kurang
variatif dan akses internet yang terbatas di sekolah menjadi permasalahan yang
mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa, khususnya pada sub materi
daurbiogeokimia yang dianggap kompleks. Booklet ini diharapkan menjadi sumber
belajar alternatif yang interaktif, memuat informasi dan gambar menarik, serta
dilengkapi dengan studi kasus dan barcode video pendukung. Penelitian
pengembangan ini menggunakan model 4-D (define, design, dan develop) dan diuji
kelayakannya berdasarkan validasi ahli materi dan media, serta respons guru dan
siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa booklet ini layak digunakan sebagai
sumber belajar, serta efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
pada sub materi daur biogeokimia. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan rata-rata
nilai dari ahli materi sebesar 80% dengan kategori layak, ahli media 90,47% dengan
kategori sangat layak, respon guru 90,62% dengan kategori sangat layak, dan
respon siswa sebesar 90,47% dengan kategori sangat layak, serta dengan perolehan
skor N-gain pada motivasi belajar sebesar 0,26 dengan kategori rendah dan skor N
gain pada hasil belajar sebesar 0,65 dengan kategori sedang. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa pengembangan sumber belajar booklet berbasis problem
based learning layak untuk digunakan serta efektif untuk meningkatkan motivasi
belajar dan hasil belajar pada siswa.
Tidak tersedia versi lain