Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR YANG MEMANFAATKAN KEBUN BIBIT HOLTIKULTURA PAYAMAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA DI MA YAJRI PAYAMAN
Latar belakang penelitian ini diantaranya masih terbatasnya sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran, metode pembelajaran yang kurang bervariasi, penggunaan LKS yang belum menyesuaikan kebutuhan siswa, belum adanya pemanfaatan Kebun Bibit Holtikultura Payaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis Jelajah Alam Sekitar yang Memanfaatkan Kebun Bibit Holtikultura Sebagai Sumber Belajar Keanekaragaman Hayati Siswa di MA Yajri Payaman, dan menguji kelayakan LKS. Penelitian ini menerapkan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D. Dalam pelaksanaan penelitian ini metode yang diterapkan hanya sampai pada tahap pengembangan (Develop). Adapun tahapan yang terlaksana diantaranya 1) Define (pendefinisian) yakni dilakukan analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, analisis materi dan perumusan tujuan. 2) Design (perancangan) yakni dilakukan pemilihan format, pemilihan media, rancangan awal. 3) Develop (pengembangan) yakni dilakukan penyusunan LKS, uji validasi ahli materi dan ahli media serta respon guru dan siswa. Instrumen penelitian dan pengambilan data diperoleh melalui wawancara dan observasi, validasi ahli materi dan ahli media, angket respon guru dan siswa dengan skala likert 1-4. Hasil penelitian pengembangan LKS validasi ahli materi memperoleh persentase 76,13% dan ahli media dengan persentas 84%. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan LKS berbasis jelajah alam sekitar yang manfaatkan kebun bibit holtikultura payaman valid digunakan sebagai sumber belajar materi keanekaragamana hayati. Hasil angket respon guru memperoleh persentase 94,64% dan hasil angket respon siswa memperoleh persentase 86,904%. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan LKS berkualitas dalam sebagai sumber belajar materi keanekaragaman hayati siswa.
Tidak tersedia versi lain