PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR YANG MEMANFAATKAN KEBUN BIBIT HOLTIKULTURA PAYAMAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA DI MA YAJRI PAYAMAN

HIDAYATUL MUNFARIDA - Nama Orang;

Latar belakang penelitian ini diantaranya masih terbatasnya sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran, metode pembelajaran yang kurang bervariasi, penggunaan LKS yang belum menyesuaikan kebutuhan siswa, belum adanya pemanfaatan Kebun Bibit Holtikultura Payaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis Jelajah Alam Sekitar yang Memanfaatkan Kebun Bibit Holtikultura Sebagai Sumber Belajar Keanekaragaman Hayati Siswa di MA Yajri Payaman, dan menguji kelayakan LKS. Penelitian ini menerapkan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D. Dalam pelaksanaan penelitian ini metode yang diterapkan hanya sampai pada tahap pengembangan (Develop). Adapun tahapan yang terlaksana diantaranya 1) Define (pendefinisian) yakni dilakukan analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, analisis materi dan perumusan tujuan. 2) Design (perancangan) yakni dilakukan pemilihan format, pemilihan media, rancangan awal. 3) Develop (pengembangan) yakni dilakukan penyusunan LKS, uji validasi ahli materi dan ahli media serta respon guru dan siswa. Instrumen penelitian dan pengambilan data diperoleh melalui wawancara dan observasi, validasi ahli materi dan ahli media, angket respon guru dan siswa dengan skala likert 1-4. Hasil penelitian pengembangan LKS validasi ahli materi memperoleh persentase 76,13% dan ahli media dengan persentas 84%. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan LKS berbasis jelajah alam sekitar yang manfaatkan kebun bibit holtikultura payaman valid digunakan sebagai sumber belajar materi keanekaragamana hayati. Hasil angket respon guru memperoleh persentase 94,64% dan hasil angket respon siswa memperoleh persentase 86,904%. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan LKS berkualitas dalam sebagai sumber belajar materi keanekaragaman hayati siswa.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) BIOLOGI MUN P 2025
83-UN57.U1-SPB-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI MUN P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVIII;124HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?