Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-BIOMAGZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 5 MAGELANG
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran biologi yang
terdapat di Kelas XI SMAN 5 Magelang yang meliputi kurangnya penggunaan
media pembelajaran yang interaktif dan memanfaatkan teknologi, peserta didik
kesulitan dalam memahami materi sistem ekskresi manusia, serta hasil belajar
kognitif peserta didik yang masih rendah yakni hanya 25% yang memiliki nilai
tuntas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kelayakan produk E-Biomagz
materi sistem ekskresi berdasarkan aspek validitas oleh ahli materi dan ahli media,
serta untuk menganalisis efektivitas E-Biomagz materi sistem ekskresi dalam
meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI SMAN 5 Magelang.
Metode yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model
pengembangan 4D yaitu Define (Pendefinisisan), Design (Perancangan), Develop
(Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran) yang dibatasi menjadi 3D yakni
hanya sampai tahap Develop. Penelitian ini dilakukan uji coba terbatas secara pre
eksperimen dengan one group pretest – posttest design dengan 3 kali pertemuan.
Teknk pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian
ini yaitu peserta didik kelas XIF-5 SMAN 5 Magelang. Pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan
deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Biomagz materi
sistem ekskresi sangat layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil uji
validitas oleh ahli materi dan ahli media denagan rata-rata sebesar 85,49% (sangat
layak). Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang
signifikan pada hasil pretest dan posttest dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,795
(tinggi), sehingga E-Biomagz efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif
peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-Biomagz
materi sistem ekskresi yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam kegiatan
pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.
Tidak tersedia versi lain