PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS GAME EDUCAPLAY PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS BERITA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA MAGELANG

TRINALDI RIDHO SEJATI - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan metode pembelajaran inovatif
untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
materi teks berita, yang seringkali dianggap monoton dengan metode konvensional. Penelitian
ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar
menggunakan game educaplay dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran
konvensional pada materi teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Magelang, dan (2)
mengetahui tingkat keefektifan game educaplay dalam pembelajaran membaca teks berita pada
siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah
eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII SMP Negeri 9 Kota Magelang pada tahun ajaran. Sampel penelitian terdiri dari 56 siswa
kelompok eksperimen dan siswa kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan
pretest dan posttest. Uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas (Kolmogorov-Smirnov)
dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji paired
samples t-test, dan uji independent samples t-test (melalui regresi). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) data hasil belajar residual tidak berdistribusi normal (Kolmogorov
Smirnov Sig. = 0.000), namun varians data homogen (Levene Sig.). Terdapat perbedaan
signifikan secara statistik pada hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
(Regresi Sig. = 0.000), serta adanya perbedaan signifikan antara pretest dan residual pada
kelompok eksperimen (Paired Samples T-Test Sig. = 0.000). Namun, perbandingan rata-rata
nilai mentah menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelompok eksperimen mengalami
penurunan (dari 85.00 menjadi 83.84), sedangkan kelompok kontrol sedikit meningkat (dari
90.51 menjadi 90.58). Tingkat keefektifan dari penggunaan game educaplay menunjukkan
nilai Cohen's d sebesar dengan kategori sangat besar (persentil >99.9%). Berdasarkan hasil
penelitian ini, disimpulkan bahwa meskipun game educaplay menunjukkan perbedaan
signifikan secara statistik dan ukuran efek yang sangat besar, namun secara rata-rata nilai
mentah, metode ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi teks berita pada siswa kelas
VII SMP Negeri 9 Kota Magelang, bahkan terjadi penurunan rata-rata nilai pada kelompok
eksperimen.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi INDONESIA SEJ E 2025
99-UN57.U1-SIN-VIII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA SEJ E 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVII;175 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?