Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS GAME EDUCAPLAY PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS BERITA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA MAGELANG
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan metode pembelajaran inovatif
untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
materi teks berita, yang seringkali dianggap monoton dengan metode konvensional. Penelitian
ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar
menggunakan game educaplay dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran
konvensional pada materi teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Magelang, dan (2)
mengetahui tingkat keefektifan game educaplay dalam pembelajaran membaca teks berita pada
siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah
eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII SMP Negeri 9 Kota Magelang pada tahun ajaran. Sampel penelitian terdiri dari 56 siswa
kelompok eksperimen dan siswa kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan
pretest dan posttest. Uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas (Kolmogorov-Smirnov)
dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji paired
samples t-test, dan uji independent samples t-test (melalui regresi). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) data hasil belajar residual tidak berdistribusi normal (Kolmogorov
Smirnov Sig. = 0.000), namun varians data homogen (Levene Sig.). Terdapat perbedaan
signifikan secara statistik pada hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
(Regresi Sig. = 0.000), serta adanya perbedaan signifikan antara pretest dan residual pada
kelompok eksperimen (Paired Samples T-Test Sig. = 0.000). Namun, perbandingan rata-rata
nilai mentah menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelompok eksperimen mengalami
penurunan (dari 85.00 menjadi 83.84), sedangkan kelompok kontrol sedikit meningkat (dari
90.51 menjadi 90.58). Tingkat keefektifan dari penggunaan game educaplay menunjukkan
nilai Cohen's d sebesar dengan kategori sangat besar (persentil >99.9%). Berdasarkan hasil
penelitian ini, disimpulkan bahwa meskipun game educaplay menunjukkan perbedaan
signifikan secara statistik dan ukuran efek yang sangat besar, namun secara rata-rata nilai
mentah, metode ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi teks berita pada siswa kelas
VII SMP Negeri 9 Kota Magelang, bahkan terjadi penurunan rata-rata nilai pada kelompok
eksperimen.
Tidak tersedia versi lain