PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA TANGGULREJO KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG

AIMMATUL CHASANAH - Nama Orang;

ABSTRAK
KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA TANGGULREJO KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG
Aimmatul Chasanah 2110201012
Pelayanan publik merupakan pelayanan yang diberikan oleh pemerintah sebagai bentuk tanggung jawab untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam proses pelayanan tentunya tidak lepas dari berbagai permasalahan yang ada kaitannya dengan kondisi yang belum sesuai dengan yang diharapkan. Permasalahan tersebut yaitu masih banyak masyararakat yang belum paham tentang persyaratan pengurusan administrasi (prosedur maupun persyaratan dalam proses pelayanan), dalam mengurus administrasi masih ada masyarakat yang tidak membawa dokumen apapun, dan bila kasi atau kaur pelayanan sedang ada tugas atau dinas di luar kantor pelayanan sering kali lama dalam pemrosesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan publik di Desa Tanggulrejo, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan merujuk pada lima dimensi SERVQUAL dari Zeithaml, Parasuraman, dan Berry (dalam Hardiyansyah, 2018): bukti fisik (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik di Desa Tanggulrejo sudah berjalan cukup baik akan tetapi masih perlunya peningkatan agar kedepannya pelayanan yang diberikan dapat lebih optimal. Dilihat dari dimensi bukti fisik, petugas sudah berpenampilan rapi dan profesional, namun fasilitas seperti papan informasi tentang persyaratan pelayanan, ruang kerja dan peralatan teknologi masih perlu ditingkatkan. Dalam dimensi keandalan, pelayanan yang diberikan cukup teliti, akan tetapi belum memiliki SOP tersendiri dan masih mengikuti kebijakan dari pemerintah daerah. Pada aspek daya tanggap, petugas menunjukkan kecepatan dalam merespons, namun desa belum menyediakan sarana pengaduan bagi masyarakat. Dimensi jaminan menunjukkan bahwa pelayanan diberikan secara gratis, tetapi terdapat keterlambatan ketika petugas yang berwenang tidak hadir. Sementara itu, dimensi empati dinilai baik karena petugas menunjukkan kepedulian serta sikap sopan dan ramah kepada masyarakat.
Kata Kunci: Dimensi SERVQUAL, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA) ADMINISTRASINEGARA CHA K 2025
76-UN57.U1-SSP-VII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
ADMINISTRASINEGARA CHA K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVII;189HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
350
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
FAKULTAS_ILMU_SOSIAL_DAN_POLITIK
PRODI_S1_ILMU_ADMINISTRASI_NEGARA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BABIII
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?