Text
SKRIPSI ANALISIS KINERJA PEGAWAI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS DI KANTOR KELURAHAN BUMIREJO, KECAMATAN KEBUMEN, KABUPATEN KEBUMEN)
ABSTRAK
ANALISIS KINERJA PEGAWAI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS DI KANTOR KELURAHAN BUMIREJO, KECAMATAN KEBUMEN, KABUPATEN KEBUMEN)
Bagas Damar Prasojo (2140201170)
Program Studi Ilmu Adminsitrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Kelurahan merupakan salah satu organisasi pemerintah yang berada dibawah kecamatan, dimana kelurahan menjadi instansi pertama paling dekat dengan masyarakat. Kelurahan berfungsi sebagai pemberi pelayanan publik bagi masyarakat, maka sangat diperlukan kinerja pegawai kelurahan yang baik agar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi. Salah satu kelurahan yang memberikan pelayanan publik di Kecamatan Kebumen yaitu Kelurahan Bumirejo. Namun faktanya masih terdapat beberapa permasalahan kaittannya dengan kinerja pegawai dan fasilitas penunjang pelayanan publik di Kelurahan Bumirejo. Penelitian ini bertujuan menganalisis lebih dalam bagaimana kinerja pegawai di Kelurahan Bumirejo dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dilihat dari 5 indikator kinerja pegawai dalam menganalisis bagaimana kinerja pegawai di kantor Kelurahan Bumirejo, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, meliputi kualitas kerja, kuantitas kerja, ketepatan waktu, efektivitas, dan kemandirian. Dari indikator kualitas kerja, pegawai di Kelurahan Bumirejo dinilai sudah memiliki kemampuan yang baik dalam memberikan pelayanan walaupun keterampilan pegawai belum sepenuhnya maksimal. Kuantitas, pegawai sudah baik dalam menyelesaikan beban dan target capaian kinerja pegawai. Ketepatan waktu, pegawai mampu menyelesaikan tugas sesuai waktu meskipun masih ada beberapa kendala. Efektivitas, pegawai mampu mengelola anggaran tetapi fasilitas pelayanan masih kurang memadai. Kemandirian, pegawai mampu melaksanakan fungsi kerjanya dengan baik, tetapi beberapa pelayanan masih memerlukan bantuan pegawai atau orang lain agar pencapaian kinerja semakin maksimal.
Kata kunci: Kinerja, Pegawai, Pelayanan publik
Tidak tersedia versi lain