Text
SKRIPSI PERAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MAGELANG DALAM PENANGANAN ANAK TIDAK SEKOLAH (ATS)
ABSTRAK
PERAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MAGELANG DALAM PENANGANAN ANAK TIDAK SEKOLAH (ATS)
Bella Aulia Fadilla 2130201132
Masalah Anak Tidak Sekolah (ATS) merupakan permasalahan global yang mendesak untuk segera diatasi. Kabupaten Magelang menempati peringkat 10 banyaknya jumlah ATS di Jawa Tengah. Hal ini menunjukkan bahwa masalah akses pendidikan di daerah ini masih memerlukan perhatian serius dari pemerintah dan berbagai pihak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang dalam penanganan Anak Tidak Sekolah (ATS). Anak Tidak Sekolah merupakan isu penting yang mempengaruhi perkembangan pendidikan dan sosial di masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang melibatkan wawancara, dokumentasi, dan melalui data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang memiliki beberapa peran yaitu fasilitatif, edukatif, representatif dan teknis yang dikemukakan oleh Ife & Tesoriero (2016) dalam penanganan ATS, antara lain: (1) penyediaan fasilitas pendidikan formal (SD, SMP, SMA) dan pendidikan nonformal (PKBM) (2) Penyuluhan berupa sosialisasi atau rekonfirmasi data ATS (3) pendanaan penanganan ATS dan penyusunan perbup ATS (4) pelatihan penggunaan komputer untuk menunjang penginputan data, analisis kenaikan kasus ATS, dan manajemen sumber daya manusia. Meskipun telah ada peran yang diberikan dinas, masih terdapat tantangan dan hambatan, seperti jarak rumah ATS dengan fasilitas pendidikan yang lumayan jauh sehingga menyebabkan kurangnya motivasi ATS untuk kembali ke sekolah, belum disahkannya peraturan daerah mengenai ATS dan pengumpulan data dan manajemen sumber daya manusia yang belum maksimal.
Kata kunci: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Anak Tidak Sekolah, Kabupaten Magelang
Tidak tersedia versi lain