Text
SKRIPSI ANALISIS KESIAPAN WEBSITE LAKON DASAMUKA DALAM PELAYANAN PASCA PELATIHAN DI UNIT PELAKSANA TERPADU BALAI LATIHAN KERJA KOTA MAGELANG
ABSTRAK
ANALISIS KESIAPAN WEBSITE LAKON DASAMUKA DALAM PELAYANAN PASCA PELATIHAN DI UNIT PELAKSANA TERPADU BALAI LATIHAN KERJA KOTA MAGELANG
Putri Nur Felina 2120201128
Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Kemajuan teknologi informasi mendorong penerapan e-government guna mendukung terciptanya pemerintahan yang baik. Unit Pelaksana Terpadu (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Magelang menginisiasi inovasi layanan digital bernama LAKON DASAMUKA (Layanan Konsultasi – Datang Sapa Alumni Bekerja) yang bertujuan meningkatkan pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja untuk menurunkan angka pengangguran terbuka. Namun, website layanan ini belum berfungsi optimal karena keterbatasan dalam penyediaan informasi lowongan kerja yang akurat dan sering mengalami kendala teknis. Kurangnya sosialisasi juga menjadi hambatan dalam pemanfaatan layanan oleh alumni. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan penerapan website Lakon Dasamuka dalam pelayanan pasca pelatihan di Unit Pelaksana Terpadu (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Magelang menggunakan teori e-readiness oleh Musa (2010) fokus kajian dengan aspek yaitu infrastruktur, sumber daya manusia, serta aspek pemerintahan dan manajemen. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah menurut Miles dan Huberman meliputi: data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), dan data display (penyajian data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa website Lakon Dasamuka masih dalam tahap pengembangan. Ketersediaan jaringan internet dan regulasi sudah berjalan dengan baik, namun tantangan masih terdapat pada aspek infrastruktur teknis, kompetensi pengelola, dan dukungan manajemen. Tanpa perbaikan pada aspekaspek tersebut, layanan digital ini belum dapat mendukung alumni secara optimal dalam memperoleh informasi pekerjaan dan pengembangan pasca pelatihan.
Kata Kunci : Kesiapan, Website, Pelayanan, E-Government.
Tidak tersedia versi lain