Text
SKRIPSI EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN PEMILIH PADA PEMILU SERENTAK 2024 (STUDI KASUS KPU KABUPATEN BANYUMAS)
ABSTRAK
EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN PEMILIH PADA PEMILU SERENTAK 2024 (STUDI KASUS KPU KABUPATEN BANYUMAS)
Rizka Adelia Putri 2120201107
Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana pelaksanaan program pendidikan pemilih oleh KPU Kabupaten Banyumas saat pemilu serentak 2024 dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat selama pelaksanaan program. Program ini merupakan bagian dari upaya KPU Kabupaten Banyumas dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan pihak internal KPU serta masyarakat sebagai sasaran program. Hasil penelitian menunjukan bahwa context program telah disusun berdasarkan kebutuhan peningkatan partisipasi dan literasi politik masyarakat. Aspek input, KPU memanfaatkan sumber daya manusia, anggaran, dan sarana serta prasarana yang tersedia dengan mengelolanya secara optimal meskipun ada keterbatasan di beberapa hal. Aspek process, metode pelaksanaan memadukan komunikasi langsung dan digital meskipun masing terkendala seperti kondisi geografis dan hambatan komunikasi. Aspek product, program terbukti berdampak positif dalam meningkatkan pengetahuan, sikap demokratis, dan partisipasi masyarakat kepada beberapa kelompok sasaran. Faktor pendukung pelaksanaan antara lain kolaborasi lintas sektor dan pemanfaatan teknologi informasi, sedangkan hambatannya meliputi geografis wilayah dan kendala komunikasi.
Kata kunci: pendidikan pemilih, evaluasi CIPP, partisipasi pemilu, KPU Kabupaten Banyumas, pemilu 2024
Tidak tersedia versi lain