PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA DI BPJS KETENAGAKERJAAN TANGERANG SELATAN

ABED NEGO HUTABARAT - Nama Orang;

ABSTRAK
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA DI BPJS KETENAGAKERJAAN TANGERANG SELATAN
Abed Nego Hutabarat (2120201051)
Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Saat ini permasalahan pada pelayanan publik masih sering dijumpai seperti di BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Selatan yaitu adanya masalah antrian yang panjang (waktu tunggu yang lama) dan ketidakpuasan peserta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta di BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Selatan. Teori yang digunakan adalah teori kualitas pelayanan menurut Zeithaml, Parasuraman dan Berry yang menyatakan bahwa terdapat 5 dimensi kualitas pelayanan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Selatan yang teknik samplingnya menggunakan probability sampling jenis simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini adalah bahwa berdasarkan hasil uji deskripstive statistic yang merupakan gambaran statistik jawaban responden terhadap pernyataanpernyataan pada variabel Kualitas Pelayanan (X), diketahui nilai rata-rata (mean) yang terendah adalah pernyataan kedua (X2) pada indikator “Reliabilitas” sebesar 3,89 sedangkan pada variabel Kepuasan Peserta (Y), diketahui nilai ratarata yang terendah adalah pernyataan ketiga (Y3) pada indikator “Waktu Penyelesaian” sebesar 3,96. Berdasarkan analisis data melalui uji t diketahui nilai t hitung sebesar 7.931 dan nilai t tabel yaitu 1.660 (7.931>1.660). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nol (H0) ditolak yang berarti bahwa Kualitas Pelayanan Berpengaruh terhadap Kepuasan Peserta di BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Selatan. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta di BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Selatan adalah 39,1 %. Sisanya 60,99% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Kepuasan Peserta; BPJS Ketenagakerjaan.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA) ADMINISTRASINEGARA HUT P 2025
94-UN57.U1-SSP-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
ADMINISTRASINEGARA HUT P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;114HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
350
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
FAKULTAS_ILMU_SOSIAL_DAN_POLITIK
PRODI_S1_ILMU_ADMINISTRASI_NEGARA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULLTEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?