PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI ANALISIS TANGGUNG JAWAB EKSPEDISI ATAS KEHILANGAN BARANG DITINJAU DARI UNDANGUNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus Putusan BPSK No.01/Med/BPSK.Yk/X/2023)

YANUAR MAHARANI DWI JAYANTI - Nama Orang;

ABSTRAK
Kehilangan barang akibat kelalaian pihak ekspedisi dalam proses pengiriman memberikan kerugian bagi konsumen. Terdapat ketidaksesuaian ganti rugi oleh ekspedisi atas kerugian konsumen meskipun konsumen telah menggunakan perlindungan tambahan. Penelitian ini membahas terkait tanggung jawab pihak jasa ekspedisi atas kehilangan barang konsumen dalam perspektif Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan studi kasus Putusan BPSK No. 01/Med/BPSK.Yk/X/2023 dan upaya penyelesaian yang dapat ditempuh konsumen untuk menuntut ganti rugi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk pertanggungjawaban hukum ekspedisi dan upaya penyelesaian sengketa yang dapat ditempuh oleh konsumen untuk menuntut ganti rugi. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan Undang-Undang yaitu dengan mengaitkan permasalahan pada kasus Putusan BPSK No. 01/Med/BPSK.Yk/X/2023 dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak ekspedisi hanya memberikan penawaran ganti rugi berdasarkan standar operasional internal, bukan berdasarkan nilai kerugian riil yang dialami konsumen. Hal ini bertentangan dengan prinsip tanggung jawab pelaku usaha dalam UUPK yang negatur ganti rugi secara penuh. Upaya penyelesaian dapat ditempuh dengan jalur non litigasi yaitu dengan mediasi, konsiliasi, atau arbitrase melalui BPSK atau jalur litigasi di pengadilan. Apabila proses penyelesaian melalui BPSK gagal menghasilkan kesepakatan, jalur litigasi dapat ditempuh oleh konsumen dengan mengajukan gugatan ganti rugi.
Kata Kunci: Tanggung Jawab Ekspedisi, Kehilangan Barang, Perlindungan Konsumen


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (HUKUM) HUKUM JAY A 2025
84-UN57.U1-SH-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
HUKUM JAY A 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIV;88HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
340
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_HUKUM
FAKULTAS_ILMU_SOSIAL_DAN_POLITIK
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BABIII
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?