Text
SKRIPSI STRATEGI PUBLIC RELATIONS RADIO MERAPI INDAH DALAM MENJAGA HUBUNGAN DENGAN KOMUNITAS PENDENGAR PAGUYUBAN MONITOR MERAPI INDAH (PMMI)
ABSTRAK
(Hafidz Kurnia Ramadhani, 2025):
STRATEGI PUBLIC RELATIONS RADIO MERAPI INDAH DALAM MENJAGA HUBUNGAN DENGAN KOMUNITAS PENDENGAR PAGUYUBAN MONITOR MERAPI INDAH (PMMI)
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Ditengah menurunnya jumlah pendengar, Radio Merapi Indah 104,9 FM merupakan salah satu radio swasta tersisa yang masih mampu bertahan sampai saat kini. Perusahaan tersebut dapat tetap bertahan karena keberadaan komunitas pendengar loyal yang setia mendengarkan program siaran yang ditayangkan Radio Merapi Indah. Salah satu cara untuk memastikan keberlangsungan media radio di dalam publik yakni dengan menjaga loyalitas komunitas pendengar yang sudah ada salahsatunya seperti PMMI dengan menggunakan strategi public relations yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan strategi public relations Radio Merapi Indah dalam menjaga hubungan dengan komunitas pendengar PMMI. Penelitian ini menggunakan pandangan Cutlip dkk. yang diolah kembali oleh Broom & Dozier sebagai dasar teori penelitian. Teori tersebut adalah Empat (4) Langkah Proses Public Relations serta Langkah-Langkah Proses Perencanaan Strategis dan Garis Besar Rencana Program. Penelitian merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah Radio Merapi Indah sudah berhasil menjalankan empat (4) langkah proses public relations secara menyeluruh. Mulai dari menentukan masalah Humas, perencanaan dan pemrograman, bertindak dan berkomunikasi, dan terakhir pengevaluasian program. Proses public relations yang dijalankan yakni seperti: Memilih segmentasi publik dari masyarakat kelas ekonomi menengah kebawah; Menentukan segmen pendengar dari masyarakat yang masih menggunakan radio analog; Melakukan interaksi langsung kepada klien, PMMI, dan pendengar radio aktif; Melakukan penjadwalan acara program ke jadwal Harian, Mingguan, dan spesial Ramadhan; hingga evaluasi akhir kinerja program yang sudah ditayangkan. Melalui penerapan proses public relations tersebut, Radio Merapi Indah telah berhasil mempertahankan pendengar yang tersisa dan meneruskan operasional usahanya hingga masa kini.
Kata Kunci: Strategi Public Relations; Komunitas Pendengar; Radio Merapi Indah; PMMI;
Tidak tersedia versi lain