Text
SKRIPSI PENGARUH TERPAAN KONTEN AKUN INSTAGRAM @WANITA.CL TERHADAP MINAT MENIKAH FOLLOWERS DENGAN REFERENCE GROUP SEBAGAI MODERATOR
ABSTRAK
PENGARUH TERPAAN KONTEN AKUN INSTAGRAM @WANITA.CL TERHADAP MINAT MENIKAH FOLLOWERS DENGAN REFERENCE GROUP SEBAGAI MODERATOR
Fina Purnama Sari, R. Yogie Prawira W, Wahyu Eka Putri
Penelitian ini diangkat dari fenomena penurunan angka pernikahan di Indonesia yang menururn drastis selama tiga tahun terakhir. Fenomena tersebut terjadi akibat dari adanya kekerasan dalam rumah tangga, perselingkuhan, dan juga faktor ekonomi. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan konten pada akun Instgaram @wanita.cl terhadap minat menikah followersnya dengan menggunakan referencce group sebagai moderator. Teori yang digunakan pada penelitian ini yakni Cognitive Response Theory. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis survey yang menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini yakni seluruh followers pada akun Instagram @wanita.cl , dan dengan sampel penelitian ini adalah followers yaang mempunyai status pernikahan belum menikh yang diambil dengan teknik Accidental Sampling seebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data staatistik inferensial parametrik dengan regresi linier sederhana dan MRA. Uji t dlakukan untuk membuktikan hipotesis sedangkan uji koefisien determinasi (R2 ) dilakukan untuk melihat besarnya pengaruh antar variabel. Dari hasil penelitian yang didapat, menyatakan jika terdapat pengaruh sebesar 16,8% antara terpaan konten pada akun Instagram @wanita.cl terhadap minat menikah followers dan terdapat pengaruh sebesar 95,8% antara terpaan konten pada akun Instagram @wanita.cl terhadap minat menikah followers yang dimoderasi oleh reference group.
Kata Kunci: Terpaan Konten, Reference Group, Minat Menikah, Instagram, Cognitive Response Theory
Tidak tersedia versi lain