PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI RESPON FOLLOWERS INSTAGRAM TERHADAP KONTEN HUMOR DALAM ENDORSEMENT OLEH INFLUENCER

EPRILLIA RAHMAWATI - Nama Orang;

ABSTRAK
RESPON FOLLOWERS INSTAGRAM TERHADAP KONTEN HUMOR DALAM ENDORSEMENT OLEH INFLUENCER
Eprillia Rahmawati, Lintang Citra Christiani, Ibda Fikrina Abda
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon followers Instagram terhadap konten humor dalam endorsement yang dilakukan oleh influencer, khususnya Fadil Jaidi, Raditya Dika, dan Keanu Angelo, dengan menggunakan kerangka teori Stimulus-Organism-Response (S-O-R). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dengan followers yang aktif mengikuti dan berinteraksi dengan konten endorsement humor di Instagram. Dalam kerangka teori S-O-R, konten humor yang disajikan influencer berperan sebagai stimulus yang memicu proses pemaknaan dan perasaan dalam diri followers (organism), yang kemudian menghasilkan berbagai bentuk respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stimulus berupa konten humor menimbulkan rasa penasaran dan perhatian (respon kognitif), yang kemudian berkembang menjadi perasaan suka dan kedekatan emosional terhadap influencer dan produk (respon afektif). Selanjutnya, respon tersebut mendorong sebagian followers untuk melakukan tindakan nyata seperti mencari produk atau akun brand, berinteraksi dengan konten, hingga mencoba produk yang diendorse (respon konatif). Faktor budaya, pengalaman pribadi, dan kredibilitas influencer menjadi bagian dari proses organism yang memengaruhi bagaimana stimulus diterima dan direspon oleh followers. Penelitian ini menggambarkan bahwa konten humor dalam endorsement oleh influencer di Instagram dapat menjadi stimulus yang membangkitkan proses internal dan menghasilkan respon yang beragam dari followers, baik dalam bentuk pemahaman, perasaan, maupun tindakan. Humor terbukti paling efektif pada tahap awareness dan consideration, dimana followers menjadi lebih tertarik untuk mencari informasi tambahan tentang produk. Namun, keputusan pembelian akhir masih dipengaruhi oleh faktor lain seperti review produk dan kebutuhan pribadi. Jadi, tujuan endorsement yang semula untuk meningkatkan brand awareness dan juga penjualan, hanya tercapai pada tahap awareness dan consideration saja.
Kata Kunci: endorsement; humor; respon; teori S-O-R.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) KOMUNIKASI RAH R 2025
53-UN57.U1-SIK-ViI-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KOMUNIKASI RAH R 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIII;107HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
302.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_ILMU_KOMUNIKASI
FAKULTAS_ILMU_SOSIAL_DAN_POLITIK
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULLTEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?