Text
SKRIPSI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA INDUSTRI KREATIF @bfgrafer MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
ABSTRAK
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA INDUSTRI KREATIF @bfgrafer MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
Eunike Joy Christy, Deani Prionazvi Rhizky, R. Yogie Prawira W.
Industri kreatif berasal dari pemanfaatan keterampilan, kreativitas dan kemampuan individu untuk menciptakan kesejahteraan serta membuka lapangan pekerjaan yang dapat menggali potensi kreatif masing-masing individu. Salah satu contoh nyata dari industri kreatif pada bidang usaha jasa fotografi adalah BFGrafer yang berada di Magelang. Penulisan laporan kewirausahaan ini memiliki tujuan untuk menganalisis bagaimana BFGrafer memanfaatkan sosial media yaitu Instagram sebagai alat untuk berinteraksi dengan pengikutnya, membangun citra merek, dan memenuhi kebutuhan informasi pengikutnya. Dalam mengembangkan usaha fotografi, penerapan strategi komunikasi pemasaran yang efektif menjadi sangat penting. Salah satu pendekatan komunikasi pemasaran yang telah digunakan oleh BFGrafer adalah Integrated Marketing Communications (IMC), konsep komunikasi pemasaran ini bertujuan untuk mengintegrasikan berbagai alat komunikasi pemasaran yang ada, seperti pemasaran langsung, hubungan masyarakat, iklan, dan promosi, agar pesan yang disampaikan tetap konsisten, serta memberikan dampak komunikasi yang maksimal. Selain itu, pendekatan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) juga dapat diterapkan, di mana usaha fotografi perlu menarik perhatian audiens dengan konten visual yang menonjol, membangkitkan minat dengan menampilkan portofolio karya yang menarik, menciptakan keinginan melalui penawaran eksklusif, dan mendorong tindakan pembelian atau pemesanan jasa. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan komunikasi pemasaran dengan model IMC dan AIDA pada pemanfaatan media sosial Instagram dapat meningkatkan efektivitas promosi dalam suatu usaha.
Kata Kunci: Industri Kreatif, Komunikasi Pemasaran, Instagram, IMC, AIDA
Tidak tersedia versi lain