Text
SKRIPSI STRATEGI CAMPAIGN HUMAS POLRES MAGELANG KOTA DALAM KAMPANYE OPERASI PATUH CANDI 2024
ABSTRAK
STRATEGI CAMPAIGN HUMAS POLRES MAGELANG KOTA DALAM KAMPANYE OPERASI PATUH CANDI 2024
Fatikha Putri Nugraheni, Deani Prionazvi Rhizky, Luky Fitriani
Lalu lintas yang tertib dan aman menjadi aspek penting dalam menciptakan kenyamanan dan keselamatan masyarakat. Tingginya angka pelanggaran lalu lintas di Kota Magelang memerlukan upaya untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat. Salah satu cara yang dapat memengaruhi kesadaran publik dan mempersuasi masyarakat akan pentingnya patuh lalu lintas adalah melalui kampanye Operasi Patuh Candi. Strategi campaign yang matang dan terarah menjadi kunci dalam menyampaikan pesan yang efektif dan berdampak pada perubahan perilaku masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi dan mendeskripsikan strategi campaign yang digunakan Humas Polres Magelang Kota dalam kampanye Operasi Patuh Candi 2024 guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lalu lintas. Teori atau konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Manajemen Kampanye (Campaign Management Model) oleh Venus (2018). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan tipe penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi campaign dilaksanakan secara terstruktur dan termanajemen melalui lima tahapan: perencanaan, pengembangan, implementasi, pemantauan, dan evaluasi. Tahap perencaanaan dilakukan analisis situasi berdasarkan identifikasi permasalahan, penetapan tujuan, dan pesan kampanye. Pada tahap pengembangan, dalam mendesain pesan kampaye dan pemilihan saluran media dirancang sesuai karakteristik audiens. Impementasi dilakukan melalui koordinasi antar pihak dan pelaksanaan strategi sesuai dengan perencanaan. Pemantauan dilakukan melalui media sosial dan observasi secara langsung. Strategi campaign ini dinilai berhasil mencapai tujuan edukasi akan pentingnya tertib dan patuh berlalu lintas pada masyarakat Kota Magelang, yang ditunjukkan dengan penurunan angka pelanggaran lalu lintas. Namun, tahap evaluasi perlu diperkuat untuk mengukur tingkat pemahaman audiens terhadap pesan kampanye secara keseluruhan.
Kata Kunci: Humas Polres Magelang Kota, Model Manajemen Kampanye, Operasi Patuh Candi, Strategi Campaign
Tidak tersedia versi lain