Text
SKRIPSI STRATEGI BRANDING WISATA PASAR PAPRINGAN SEBAGAI DESTINASI WISATA DI KABUPATEN TEMANGGUNG
ABSTRAK
(Natya Kirana Gandra Kusala, 2025)
Strategi Branding Wisata Pasar Papringan Sebagai Destinasi Wisata Di Kabupaten Temanggung
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Wisata Pasar Papringan merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Kabupaten Temanggung yang menawarkan keindahan alam, dengan demikian perlu adanya sebuah strategi untuk meningkatkan branding dari sebuah destinasi wisata. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi branding Wisata Pasar Papringan sebagai destinasi wisata di Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan paradigma postpositivisme. Metode dalam penelitian ini adalah wawancara tidak terstruktur dan observasi, dengan mengidentifikasi langkah-langkah dalam penetapan dan pengembangan branding destinasi wisata. Sasaran dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling yang berfokus kepada orang yang mengetahui proses dan pembentukan strategi branding Wisata Pasar Papringan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelola wisata memanfaatkan adanya penjagaan kualitas produk yang dijual untuk menjaga dan meningkatkan daya tarik dan citra positif destinasi. Pembentukan branding Wisata Pasar Papringan berupa wisata yang lahir dari kegiatan warga desa untuk membangun desanya sendiri serta menyatukan beberapa konsep wisata yaitu alam, budaya, sejarah dan sosial yang juga mengangkat kampanye tentang penjagaan lingkungan hidup. Wisata Pasar Papringan merupakan wisata alam yang menyuguhkan kuliner khas Kabupaten Temanggung dengan bahan alami serta adanya keunikan dengan menggunaan mata uang koin yang hanya berlaku di Wisata Pasar Papringan saja. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengelola destinasi wisata lain dalam membangun strategi branding yang efektif. Selain itu pembentukan destination branding juga berpengaruh besar sebagai faktor pendukung terhadap pemetaan wisata, penentuan target pengunjung hingga penyatuan antar pengelola.
Kata Kunci : Destination Branding, Strategi Branding, Wisata Pasar Papringan
Tidak tersedia versi lain