Text
SKRIPSI STRATEGI KAMPANYE POLITIK DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA (Studi Kasus Pemilihan Kepala Desa Rejosari Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang Periode 2019—2027)
ABSTRAK
STRATEGI KAMPANYE POLITIK DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA (Studi Kasus Pemilihan Kepala Desa Rejosari Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang Periode 2019—2027)
Fitria Maharani Wantyaning Lutfi, Anita Amaliyah, Jaduk Gilang Pambayun
Pada Pemilihan Kepala Desa Rejosari tahun 2019, Budi Wahono kembali mencalokan diri sebagai kepala desa di mana menjadi satu-satunya kepala desa yang menjabat selama tiga periode berturut-turut. Uniknya dalam strategi yang dilakukan Budi Wahono tidak ada pembentukan tim sukses. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi Budi Wahono sebagai kepala desa dalam membangun kepercayaan masyarakat sehingga dapat memenangkan pemilihan kepala desa tahun 2019. Metode yang digunakan ialah kualitatif dengan pendekatan studi kasus intrinsik dengan menggunakan teori strategi kampanye politik Hafied Cangara dan social adjustment theory sebagai bahan pengayaan. Hasil dari penelitian menemukan Budi Wahono memiliki kapabilitas yang tinggi, pesan kampanye yang sampaikan memuat solusi dari permasalahan di desa, strategi kampanye yang digunakan yaitu melalui komunikasi secara tatap muka langsung, dan Budi Wahono menetapkan target sasaran sesuai dengan karakteristik demografi masyarakat Desa Rejosari.
Kata kunci: Kepala Desa; Kapabilitas; Pemilihan Kepala Desa; Strategi Kampanye Politik; Tatap Muka,
Tidak tersedia versi lain