Text
SKRIPSI ANALISIS STRATEGI DINAS KEPEMUDAAN OLAHRAGA DAN PARIWISATA (DISPORAPAR) KOTA MAGELANG DALAM PENGEMBANGAN WISATA KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Analisis Strategi Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata dalam Pengembangan Wisata Kota Magelang
Putri Indah Aprilia (1710201073)
Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Pariwisata merupakan industri yang sedang mengalami pertumbuhan pesat dan menjadi penyumbang devisa negara, mendorong pertumbuhan ekonomi, serta memberikan dampak terhadap lingkungan. Pariwisata dikembangkan melalui berbagai strategi dengan melihat kebutuhan, kondisi, dan kecenderungan masyarakat yang terjadi karena kebutuhan yang tidak menentu dari generasi ke generasi dapat mempengaruhi perkembangannya. Untuk mencapai pariwisata yang berdaya saing dan berkelanjutan, optimalisasi kegiatan pariwisata dilakukan dari berbagai potensi kearifan lokal dan budaya lokal. Dengan kekayaan pariwisata tersebut, pemerintah mengambil peran dan mengelola kekayaan daerah termasuk pariwisata berdasarkan undang-undang otonomi daerah. Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (DISPORAPAR) Kota Magelang merupakan organisasi pemerintah daerah yang bertugas menyelenggarakan urusan pemerintahan termasuk bidang pariwisata. Pengelolaan destinasi wisata dan destinasi budaya di Kota Magelang dikembangkan melalui perancangan strategis untuk menjamin keberlanjutan daya tarik wisata dalam berbagai situasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan strategi yang ditetapkan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata dalam mengembangkan potensi pariwisata Kota Magelang. Penelitian ini bersifat empiris dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi serta dilanjutkan dengan analisis data dengan 4 teknik yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan dan verifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis SWOT dengan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman berdasarkan hasil penelitian dan diuji menggunakan uji lakmus. Hasilnya diperoleh beberapa isu strategis dengan isu yang paling strategis adalah tentang penyediaan produk pariwisata dan peningkatan kualitas.
Kata Kunci : Analisis SWOT; Strategi; Pengembangan Wisata
Tidak tersedia versi lain