Text
SKRIPSI PENGARUH MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEDAI DJOEANG (SURVEI PADA KEDAI DJOEANG)
ABSTRAK
PENGARUH MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEDAI DJOEANG
MUHAMMAD ILZA MASYIARI
Ilmu Komunikasi, Fakultas ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Kedai kopi merupakan tempat yang sering dikunjungi oleh banyak orang dikarenakan menjadi salah satu destinasi tempat paling banyak ditemui untuk berkumpul atau nongkrong bersama teman, keluarga atau kerabat, Hampir semua kalangan umur dapat mengkonsumsi kopi baik orang tua dan remaja. Namun, setiap kedai kopi mempunyai caranya masing-masing dalam memperkenalkan produknya kepada calon customer, bahkan tidak hanya satu bentuk promosi yang digunakan untuk mempengaruhi keputusan pembelian. Terutama diera digitalisasi sekarang media merajalela sebagai pusat informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media sosial (Instagram) terhadap keputusan pembelian pada Kedai Djoeang Kota Magelang. Dengan teori AIDA, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan paradigma positivistic dan menggambil data dengan menyebarkan kuisioner survey kepada 96 responden yang telah melakukan transaksi pada Kedai Djoeang. Dari kuisioner tersebut kemudia data yang valid dan realiabel kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS. Dari hasil yang ditemukan bahwasannya media sosial (Instagram) tidak memberikan pengaruh secara parsial terhadap Keputusan pembelian dengan nilai sig 0.110 dan nilai t table sebesar 1.611% yang hipotesis dalam penelitian ditolak.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Kedai Kopi, Media Sosial, Instagram.
Tidak tersedia versi lain