Text
SKRIPSI STRATEGI PERSONAL BRANDING MICRO INFLUENCER SKENA HASNA HUAIDA DI INSTAGRAM @HASNAHUAIDA
ABSTRAK
STRATEGI PERSONAL BRANDING MICRO INFLUENCER SKENA HASNA HUAIDA DI INSTAGRAM @HASNAHUAIDA
Vio Kharisma Handrilia, Eny Ratnasari, Luky Fitriani
Perkembangan media sosial telah memunculkan berbagai jenis influencer, termasuk influencer skala mikro yang memiliki sejumlah pengikut. Fashion skena menjadi salah satu bidang yang berkembang di kalangan micro influencer dan dijadikan pilihan personal branding oleh Hasna Huaida, influencer asal Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan untuk mencermati proses pembentukan personal branding Hasna Huaida sebagai influencer skena di Instagram @hasnahuaida. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasna Huaida membangun personal branding dengan menerapkan konsep The Eight Laws of Personal Branding yakni spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, keterlihatan, kesatuan, ketekunan, dan nama baik. Ia memosisikan diri sebagai spesialis di bidang fashion skena, menunjukkan kepribadian yang ramah, terbuka, dan konsisten dengan gaya rambut pendeknya yang menjadi ciri khas. Hasna aktif membuat konten mingguan yang selaras dengan penampilan skenanya dan memelihara interaksi positif dengan pengikut serta brand melalui produk endorse yang diseleksi secara cermat. Sehingga strategi ini semakin memperkuat citra Hasna sebagai influencer skena yang autentik dan mampu mempengaruhi pengikut untuk mengingatnya.
Kata Kunci: Fashion Skena, Micro Influencer, Personal Branding.
Tidak tersedia versi lain