Text
SKRIPSI KREDIBILITAS LABEL TASYA FARASYA APPROVED DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCORA MOISTURIZER
ABSTRAK
KREDIBILITAS LABEL TASYA FARASYAAPPROVED DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCORA MOISTURIZER
Diah Anggitasari, Fitria Khairum Nisa, Luky Fitriani
Fenomena influencer marketing telah berkembang pesat, salah satunya influencer fashion and beauty menjadi yang paling diminati. Di tengah fenomena ini, muncul tantangan baru pada bidang kecantikan yakni, isu skincare overclaim. Sebelum adanya isu tersebut, Tasya Farasya sebagai beauty influencer berhasil membuat label Tasya Farasya Approved meskipun tidak memiliki pendidikan formal pada bidang kecantikan. Label tersebut sebagai tanda bahwa produk telah diuji pemakaian dan worth it versi Tasya Farasya. Label tersebut akhirnya digunakan oleh beberapa produk salah satunya Scora Moisturizer yang juga terkena isu overclaim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksplanatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas label Tasya Farasya Approved dengan mengaplikasikan teori kredibilitas sumber yang terdiri dari 3 aspek yakni daya tarik, kepercayaan, dan keahlian. Dari ketiga aspek, hanya dua aspek yang terpenuhi yakni daya tarik dan kepercayaan. Aspek keahlian tidak terpenuhi karena Tasya Farasya tidak memiliki pendidikan formal pada bidang kecantikan. Menariknya, dalam bidang kecantikan kredibilitas label Tasya Farasya Approved tetap dapat terbentuk meskipun hanya dua aspek yang terpenuhi. Selain itu, kredibilitas label dapat terbentuk karena kredibilitas Tasya Farasya sebagai beauty influencer dengan reputasi yang baik dan trusted sehingga mampu mendorong keputusan pembelian produk Scora Moisturizer.
Kata Kunci: Beauty Influencer, Keputusan Pembelian, Kredibilitas, Tasya Farasya.
Tidak tersedia versi lain