Text
SKRIPSI EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PASAR RAYA MAGELANG 2024 MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI CIPP
ABSTRAK
EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PASAR RAYA MAGELANG 2024 MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI CIPP
Sekar Mayang Ayuningtyas, Hanim Rohnulyanti, Deani Prionazvi Rhizky
Program Pasar Raya Magelang merupakan keluaran program dari Disperindag Kota Magelang sebagai festival tahunan yang bertujuan untuk mempromosikan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan meningkatkan perekonomian lokal di Kota Magelang. Keunikan PRM 2024 terletak pada salah satu rangkaian acara yang baru yaitu penerbangan balon udara yang pertama kali dilaksanakan di Kota Magelang. Terdapat berbagai pendapat terkait keberhasilan pelaksanaan program PRM 2024 mulai dari pelaksana, pelaku usaha dan pengunjung. Penelitian ini meninjau tentang bagaimana evaluasi pelaksanaan program PRM 2024 menggunakan model evaluasi CIPP. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori evaluasi CIPP dari Stufflebeam dan komunikasi organisasi dari Goldhaber dan Liliwery. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan di penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu pelaksanaan PRM 2024 dianggap berhasil mencapai target jumlah pengunjung dan omzet, namun kritik muncul terkait persiapan acara penerbangan balon udara yang kurang optimal. Dari segi sudut padang ilmu komunikasi pesan yang tersampaikan dari pihak Disperindag mengenai keberhasilan program tidak cukup berhasil karena masih ada masyarakat yang menganggap acara tersebut belum berhasil. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti juga mendapatkan temuan baru mengenai pelaksanaan penerbangan balon udara. Secara keseluruhan, PRM 2024 dapat dianggap berhasil dan hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan berharga untuk perbaikan di masa depan, termasuk perlunya perencanaan yang matang dan pengelolaan arus pengunjung yang lebih baik serta peningkatan promosi UMKM di skala internasional.
Kata Kunci: CIPP, Disperindag, Evaluasi, Komunikasi Organisasi, Program.
Tidak tersedia versi lain