Text
SKRIPSI PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, TINGKAT PROMOSI, PROSEDUR PEMBIAYAAN, DAN KEMUDAHAN ANGSURAN TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA MENGGUNAKAN PEMBIAYAAN SYARIAH DI KSPPS BMT SAUDARA GRABAG MAGELANG
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pengetahuan produk, kualitas pelayanan, tingkat promosi, prosedur pembiayaan, dan kemudahan angsuran terhadap keputusan anggota menggunakan pembiayaan syariah di KSPPS BMT Saudara Grabag Magelang. Penelitian ini menggunakan teori maqashid syariah sebagai dasar teori yang menekankan pada pencapaian kemaslahatan dalam lima aspek utama yaitu: menjaga agama (ḥifẓ ad-dÄ«n), jiwa (ḥifẓ an-nafs), akal (ḥifẓ al-‘aql), keturunan (ḥifẓ an-nasl), dan harta (ḥifẓ al-mÄl). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan kuesioner yang disebarkan ke responden. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang Pasar Grabag Magelang, yang sedang atau akan menggunakan pembiayaan syariah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 responden melalui metode purposive sampling. Teknik analis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi SmartPLS 4.0. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengetahuan produk dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan anggota menggunakan pembiayaan syariah, tingkat promosi berpengaruh negative dan signifikan terhadap keputusan anggota menggunakan pembiayaan syariah, dan prosedur pembiayaan dan kemudahan angsuran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan anggota menggunakan pembiayaan syariah.
Kata Kunci : Pengetahuan Produk, Kualitas Pelayanan, Tingkat Promosi, Prosedur Pembiayaan, Kemudahan Angsuran, Keputusan Anggota, Pembiayaan Syariah
Tidak tersedia versi lain