Text
SKRIPSI PENGARUH PEMUNGUTAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PAD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
ABSTRAK
Penelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terdapat banyak sekali pemasangan reklame. Masalah umum yang dihadapi para sektor pajak reklame ini adalah kurangnya kesadaran dan peran serta Masyarakat dalam meningkatkan pajak reklame, hal ini disebabkan karena kurangnya sosialisasi pemerintah kepada masyarakat tentang pajak reklame. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh dari pemungutan pajak reklame terhadap penerimaan pajak PAD Daerah Istimewa Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Theory of Planned Behavior. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Sampel sebanyak 30 yaitu berupa Laporan Realisasi APBD tahun 2018-2023 dari Kota Yogyakarta, Kab. Gunung Kidul, Kab. Sleman, Kab. Kulon Progo, dan Kab. Bantul. Penelitian ini menggunakan Purposive Sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier sederhana, uji t, uji koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 29. Hasil uji hipotesis (uji T) menunjukkan bahwa nilai thitung (3,579) > ttabel (1,703) dan nilai sig. (0,001 < 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti pemungutan pajak reklame berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan pajak PAD Daerah Istimewa Yogyakarta.
Kata Kunci : Pemungutan, Penerimaan, Pajak Reklame, Pendapatan Daerah.
Tidak tersedia versi lain