Text
SKRIPSI PENGARUH INFLUENCER RELATIONS TERHADAP BRAND IMAGE LOZY HIJAB
ABSTRAK
PENGARUH INFLUENCER RELATIONS TERHADAP BRAND IMAGE LOZY HIJAB
Lizna Novia Satyabhakti, Hanim Rohnulyanti, Fitria Khairum Nisa
Influencer relations bekerja dalam lingkup public relations dengan tujuan membentuk dan memengaruhi citra perusahaan melalui perantara influencer sebagai pemimpin opini. Salah satu perusahaan yang menerapkan influencer relations adalah Lozy Hijab. Lozy Hijab merupakan sebuah brand fashion di Indonesia sejak tahun 2015 yang bekerja sama dengan UMKM konveksi dalam produksinya. Strategi influencer relations yang dilakukan Lozy Hijab memunculkan kesenjangan persepsi masyarakat yang dapat dilihat melalui unggahan seorang konten kreator media sosial @farsafandi. Oleh sebab itu, tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh influencer relations terhadap brand image. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei kepada 97 responden. Sampel dipilih menggunakan teknik non probability sampling incidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Dalam penelitian ini, peneliti menghubungan proposisi teori menurut Timo Lommatzsch dengan dimensi strategi influencer relations menurut Madeline V. Towmey dan brand image menurut Schiffman dan Kanuk. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara influencer relations terhadap brand image sebesar 37,6% yang termasuk dalam kategori moderat dengan selisih 62,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Dimensi paling berpengaruh dalam strategi pengelolaan influencer relations pada penelitian ini ialah work cross platform.
Kata Kunci: Brand Image; Influencer Relations; Public Relations; Lozy Hijab
Tidak tersedia versi lain