PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENYELESAIAN SENGKETA MELALUI ONLINE DISPUTE RESOLUTION (ODR) DALAM TINJAUAN HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN

LELI YUSLITA MIRANA - Nama Orang;

ABSTRAK
Penelitian ini membahas terkait penyelesaian sengketa konsumen melalui Online Dispute Resolution (ODR) dalam tinjauan hukum perlindungan konsumen. latar belakang penelitian dilandasi oleh meningkatnya kompleksitas sengketa konsumen, baik yang timbul dari transaksi konvensional maupun transaksi digital. ODR hadir sebagai alternatif penyelesaian sengketa yang lebih cepat, mudah, dan hemat biaya tanpa memerlukan pertemuan fisik antar pihak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif dengan pendekatan perundangundangan, konseptual, dan kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ODR memiliki urgensi yang penting untuk segera diatur secara komprehensif dalam sistem hukum Indonesia, karena belum terdapat regulasi khusus yang mengatur lebih lanjut terkait prosedur, kelembagaan, serta perlindungan terhadap data pribadi pengguna ODR. Contoh wujud penerapan ODR yang sudah terlaksana yaitu Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK) yang difasilitasi oleh Otoritas Jasa Keuangan melalui layanan mediasi dan arbitrase. Di tengah perkembangan tersebut, isu perlindungan data pribadi dalam penggunaan ODR juga menjadi perhatian penting, karena potensi kebocoran data dapat menimbulkan kerugian baru bagi konsumen. Pembentukan regulasi khusus yang mengatur ODR menjadi langkah yang urgent/mendesak guna memastikan kepastian, keadilan dan perlindungan hak-hak konsumen secara menyeluruh.
Kata Kunci: Penyelesaian Sengketa, Online Dispute Resolution (ODR), Perlindungan Konsumen, Perlindungan Data Pribadi.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (HUKUM) HUKUM MIR P 2025
126-UN57.U1-SH-IX-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
HUKUM MIR P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XII;95HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
340
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_HUKUM
FAKULTAS_ILMU_SOSIAL_DAN_POLITIK
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULLTEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?