Text
TUGAS AKHIR PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PADA ALUR PENGGAJIAN UMKM KST CARE KEBUMEN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menyusun standar operasional prosedur pada alur penggajian UMKM KST Care Kebumen. Usaha mikro kecil menengah (UMKM) adalah usaha produktif yang berdiri sendiri yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha di semua sektor ekonomi contohnya seperti UMKM KST Care Kebumen. Dalam menjalankan usaha, diperlukan suatu acuan berupa Standar Operasional Prosedur (SOP), khususnya terkait mekanisme pemberian gaji kepada karyawan. Salah satu tujuan dibuatnya SOP yaitu untuk membentuk sistem kerja dan aliran kerja yang teratur, sistematis dan dapat dipertanggung jawabkan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan membuat penyusunan SOP pada alur penggajian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa dalam proses penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada alur penggajian di UMKM KST Care Kebumen ada beberapa tahapan yang dilakukan yaitu menentukan tujuan dibentuknya SOP pada alur penggajian, merencanakan SOP dalam bentuk flowchart, melakukan wawancara dengan pemilik UMKM sebagai yang bersangkutan, menyusun SOP berbentuk format SOP alur penggajian karyawan di UMKM KST Care Kebumen dan yang terakhir adalah menyerahkan SOP tersebut kepada pemilik UMKM. Selain itu dokumen pendukung yang dibutukan dalam penyusunan SOP alur penggajian adalah nota produk. Adapun garis besar proses alur penggajian yaitu nota barang datang yang sudah diberi keterangan nama karyawan di rekap selama satu bulan. Hasil rekapan nota diberikan kepada pemilik untuk diverifikasi kebenarannya dan pemilik menghitung jumlah gaji karyawan berdasarkan nota tersebut. Selanjutnya gaji karyawan diberikan setiap awal bulan.
Kata Kunci: Standar Operasional Prosedur (SOP), Penggajian, UMKM.
Tidak tersedia versi lain