Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “ECO-QUEST CARD†DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MATERI KOMPONEN EKOSISTEM DAN INTERAKSINYA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil analisis awal dari kegiatan wawancara bersama guru mata pelajaran biologi dan observasi yang dilakukan di SMAN 2 Grabag. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan didapati bahwa belum tersedianya media pembelajaran untuk materi komponen ekosistem dan interaksinya yang dapat digunakan dalam pembelajaran di SMAN 2 Grabag serta peserta didik yang kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Oleh karena itu, solusi dari permasalahannya adalah pengembangan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam materi komponen ekosistem dan interaksinya serta membantu peserta didik untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan media menurut ahli materi dan ahli media serta tanggapan dari guru dan peserta didik sebagai pengguna untuk media pembelajaran Eco-Quest Card dengan model pembelajaran Make a Match untuk materi komponen ekosistem dan interaksinya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang tahapannya terdiri dari tahap pendefinisian (Define), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Development), dan tahap penyebaran (Disseminate). Pada penelitian ini terbatas hingga pada tahap pengembangan atau Development. Eco-Quest Card dikembangkan berdasarkan ahli materi dan ahli media yang kemudian masuk ke dalam tahapan pengisian angket tanggapan oleh guru dan peserta didik. Berdasarkan analisis data validasi ahli materi didapatkan hasil persentase sebesar 87,6%. Sedangkan analisis ahli media didapatkan hasil persentase sebesar 91,76%. Berdasarkan kriteria kelayakan Eco-Quest Card dinyatakan layak sebagai media pembelajaran apabila memperoleh hasil persentase minimum 70%. Hasil angket tanggapan oleh guru mata pelajaran biologi memperoleh persentase sebesar 97,1% dan hasil pada angket tanggapan peserta didik di SMAN 2 Grabag menunjukkan persentase sebesar 87,06%. Saran untuk penelitian ini yaitu untuk memperhatikan variasi pada ukuran dan jenis font yang digunakan serta soal dan pertanyaan yang termuat dalam Eco-Quest Card.
Tidak tersedia versi lain