Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE) BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA
Pendidikan abad 21 mengharuskan peserta didik memiliki keterampilan berpikir kritis. Keterampilan tersebut berperan penting dalam pembelajaran biologi, agar peserta didik tidak hanya menghafal tetapi mampu memahami materi. Selain keterampilan berpikir kritis, motivasi belajar juga berperan dalam pembelajaran biologi. Motivasi belajar membantu peserta didik agar bersemangat mengikuti proses pembelajaran. Namun, keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar biologi peserta didik masih belum optimal. Penerapan model pembelajaran RADEC berbantuan Google Classroom dapat dijadikan sebagai solusi permasalahan tersebut dengan meningkatkan kesiapan belajar serta keterlibatan aktif peserta didik selama pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran RADEC berbantuan Google Classroom terhadap keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar biologi peserta didik kelas XI SMA N 3 Temanggung. Desain penelitian ini yaitu Quasi Experimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA N 3 Temanggung yang mendapat mata pelajaran biologi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Mann-Whitney-test untuk uji hipotesis keterampilan berpikir kritis, serta Independent Sample t-test untuk uji hipotesis motivasi belajar biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah perlakuan, rata-rata keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen dengan model pembelajaran RADEC berbantuan Google Classroom (84,00) lebih tinggi dari kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning (72,13). Nilai signifikansi hasil uji hipotesisnya sebesar 0,004 (0,05). Dengan demikian, model pembelajaran RADEC berbantuan Google Classroom berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, namun tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar biologi peserta didik.
Tidak tersedia versi lain