Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN COUNTING DICE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kevalidan media pembelajaran Counting Dice dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Latar belakang penelitian didasari oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang disebabkan oleh pembelajaran konvensional dan kurangnya media yang menarik, interaktif, serta kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE, yang dibatasi hingga tahap Development. Tahapan Analysis dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan melalui observasi dan studi literatur. Pada tahap Design, peneliti merancang media pembelajaran berbasis permainan berupa dadu dan kartu target yang memungkinkan peserta didik menyusun operasi matematika dari hasil lemparan dadu untuk mencapai angka target. Tahap Development mencakup pembuatan media dari triplek dan validasi oleh tiga ahli menggunakan angket penilaian berdasarkan empat aspek: orisinalitas, edukatif, teknis, dan estetika. Hasil validasi menunjukkan bahwa media Counting Dice memperoleh ratarata skor kelayakan sebesar 75,66% yang tergolong dalam kategori valid. Aspek orisinalitas dan edukatif memperoleh nilai 70,66%, aspek teknis 76%, dan aspek estetika 80%. Media ini dinilai inovatif, mudah digunakan, mendukung pencapaian tujuan pembelajaran, serta mampu menarik perhatian peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, media Counting Dice dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
Tidak tersedia versi lain