PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN COUNTING DICE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII

ALFONSUS ADITYA PANDU SASMITA - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kevalidan media pembelajaran Counting Dice dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Latar belakang penelitian didasari oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang disebabkan oleh pembelajaran konvensional dan kurangnya media yang menarik, interaktif, serta kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE, yang dibatasi hingga tahap Development. Tahapan Analysis dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan melalui observasi dan studi literatur. Pada tahap Design, peneliti merancang media pembelajaran berbasis permainan berupa dadu dan kartu target yang memungkinkan peserta didik menyusun operasi matematika dari hasil lemparan dadu untuk mencapai angka target. Tahap Development mencakup pembuatan media dari triplek dan validasi oleh tiga ahli menggunakan angket penilaian berdasarkan empat aspek: orisinalitas, edukatif, teknis, dan estetika. Hasil validasi menunjukkan bahwa media Counting Dice memperoleh ratarata skor kelayakan sebesar 75,66% yang tergolong dalam kategori valid. Aspek orisinalitas dan edukatif memperoleh nilai 70,66%, aspek teknis 76%, dan aspek estetika 80%. Media ini dinilai inovatif, mudah digunakan, mendukung pencapaian tujuan pembelajaran, serta mampu menarik perhatian peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, media Counting Dice dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA SAS P 2025
121-UN57.U1-SPM-IX-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA SAS P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
VI;51HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
16937228
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?