Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MATH ANXIETY SISWA SMP
Kemampuan pemecahan masalah matematis penting dalam pembelajaran matematika dikarenakan dapat membangun rasa percaya diri siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika. Namun, pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bandongan masih terbilang rendah dengan menghasilkan skor rerata 20,61 dari skor maksimal 100. Model pembelajaran yang kurang melibatkan siswa menjadi alasan yang melatarbelakangi hasil tersebut Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model problem based learning jika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki tingkat math anxiety rendah, sedang, dan tinggi. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis interaksi antara model pembelajaran dan math anxiety terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu berbentuk posttest-only control group dengan rancangan penelitian desain faktorial. Populasi dari studi ini ialah kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, VIII F, sementara sampel yang digunakan ialah kelas VIII A dan VIII E yang diambil secara cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis serta non tes berupa skala math anxiety, lembar observasi, pedoman wawancara, serta lembar validasi. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis tahap awal dengan uji Mann-Whitney U untuk mengetahui keseimbangan kemampuan awal siswa pada materi statistika, serta tahap akhir dengan uji anava dua jalan dan uji pasca anava yakni uji scheffe. Proses analisis data dilakukan setelah terpenuhnya uji prasyarat analisis normalitas (uji Shapiro-Wilk) dan homogenitas (uji Bartlett)
Tidak tersedia versi lain