PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK FASE E SMA N 1 MUNTILAN PADA MATERI BIOTEKNOLOGI

NURUL INAYAH - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurang optimalnya motivasi belajar
dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi bioteknologi. Kondisi tersebut
berdampak pada ketercapaian kompetensi peserta didik, sehingga diperlukan model
pembelajaran yang dapat meningkatkan kedua aspek tersebut. Model pembelajaran
kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dipilih karena menggabungkan
aktivitas kompetisi, kerja sama tim, serta permainan edukatif yang dapat memacu
motivasi sekaligus memperkuat pemahaman konsep. Tujuan penelitian ini adalah
menganalisis pengaruh penerapan model TGT terhadap motivasi belajar dan hasil
belajar kognitif peserta didik Fase E SMA Negeri 1 Muntilan pada materi
bioteknologi.
Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe
pretest post-test nonequivalent control group. Populasi penelitian adalah seluruh
peserta didik Fase E, dengan sampel kelas E7 sebagai kelas eksperimen dan kelas
E4 sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik purposive sampling.
Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji
Independent Sample T Test serta Mann Whitney U Test pada taraf signifikansi 0.05
melalui bantuan program SPSS 27.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor motivasi belajar akhir
peserta didik kelas eksperimen adalah 85.36, lebih tinggi dibandingkan kelas
kontrol sebesar 81.89. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0.003 < 0.05,
sehingga penerapan model TGT berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar.
Pada hasil belajar kognitif, rata-rata nilai post-test kelas eksperimen adalah 80.31
sedangkan kelas kontrol 75.56, dengan nilai signifikansi 0.004 < 005 yang
menunjukkan pengaruh signifikan penerapan model TGT terhadap hasil belajar
kognitif. Temuan ini mengindikasikan bahwa model TGT efektif digunakan untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi bioteknologi.
Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi variasi media, materi,
maupun pengaturan waktu agar penerapan model TGT lebih optimal.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi BIOLOGI INA P 2025
90-UN57.U1-SPB-IX-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI INA P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIV;210 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?