Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN FANTASI BERMUATAN BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA FANTASI PADA KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDONGAN
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan, yaitu kecilnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang kelas VII SMP dalam materi teks cerita fantasi, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan keluaran yang berupa produk media pembelajaran yakni media papan fantasi bermuatan budaya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RnD) yang menggunakan teori Borg and Gall melalui tiga tahapan yaitu: 1) Pengumpulan data, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan Draft Produk Awal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket untuk mengetahui masalah dan potensi yang ada serta untuk mengetahui tingkat kelayakan media yang dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa media papan fantasi bermuatan budaya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP materi teks cerita fantasi. Uji validitas yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan media papan fantasi bermuatan budaya dilakukan oleh dua orang ahli, yakni oleh ahli media dan oleh ahli materi yang merupakan dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Tidar. Hasil validasi menunjukkan media papan fantasi bermuatan budaya oleh ahli materi mendapatkan nilai 91.66 % dengan keterangan sangat layak, dan oleh ahli materi, media papan fantasi bermuatan budaya mendapatkan nilai 55.95% dengan keterangan layak untuk digunakan
Tidak tersedia versi lain