Text
SKRIPSI MANAJEMEN KRISIS PADA DUGAAN KORUPSI BBM PT PERTAMINA (Analisis Framing Press Release pada Website Pertamina Periode Februari – Maret 2025)
ABSTRAK
MANAJEMEN KRISIS PADA DUGAAN KORUPSI BBM PT PERTAMINA (Analisis Framing Press Release pada Website Pertamina Periode Februari – Maret 2025)
Hapi Nia Diniyati, Wahyu Eka Putri, Eny Ratnasari
Dugaan kasus korupsi BBM yang menimpa PT Pertamina pada Februari 2025 telah mendapat perhatian luas dari media massa dan berpotensi merusak citra perusahaan. Pertamina kemudian membuat press release untuk mengelola persepsi publik dan memulihkan reputasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui manajemen krisis dalam dugaan korupsi BBM melalui press release yang dipublikasikan PT Pertamina. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis framing model Robert N. Entman pada pemberitaan periode 25 Februari – 27 Maret 2025, terdapat 11 press release yang dipublikasikan sebagai respon terhadap isu tersebut. Hasil penelitian menunjukan adanya penekanan penyelesaian masalah dengan melibatkan pihak ketiga sebagai pihak yang memiliki kredibilitas dalam membantu memperkuat penyampaian informasi yang disampaikan Pertamina. Hal ini terlihat dari upaya tindakan korektif yang dilakukan sebagai strategi manajemen krisis untuk membantu menekan isu negatif sebelum berkembang luas. Temuan ini merupakan strategi Pertamina untuk meminimalisir dampak negatif krisis terhadap reputasi perusahaan. Dari sisi waktu publikasi, press release Pertamina relatif responsif dengan memberikan tanggapan dalam 24 jam pasca krisis. Pola publikasi press release Pertamina umumnya dilakukan pada rentang jam 12.00–17.00, yang dinilai efektif sesuai dengan prime time jurnalis dan publik dalam mengakses informasi. Strategi corrective action dan bolstering terbukti menjadi strategi yang dominan digunakan sebagai upaya restorasi citra Pertamina. PT Pertamina berhasil menerapkan strategi komunikasi krisis yang terstruktur melalui press release untuk mengelola persepsi publik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi humas Pertamina untuk meningkatkan efektivitas strategi komunikasi krisis melalui penyempurnaan pesan, timing, serta pemilihan kanal distribusi press release.
Kata Kunci: Framing Entman, Komunikasi Krisis, Pertamina, Press Release, Teori Restorasi Citra
Tidak tersedia versi lain