Text
SKRIPSI KEEFEKTIVAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan model PBL dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes esai yang telah melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 84,06 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 63,43. Uji-t menghasilkan nilai signifikansi < 0,001 yang menandakan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Selain itu, rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,37 dengan kategori sedang. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan model PBL lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dibandingkan pembelajaran konvension
Tidak tersedia versi lain