Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERSTRUKTUR DISERTAI VIDEO PENUNTUN PRAKTIKUM UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI MAN KOTA MAGELANG
Pembelajaran biologi tidak hanya terdiri teori akan tetapi juga kegiatan praktikum. Kegiatan praktikum di MAN Kota Magelang belum menggunakan petunjuk praktikum khusus dan hanya menggunakan LKS berisi langkah kerja praktikum yang belum disajikan secara rinci sehingga peserta didik merasa kesulitan dalam melaksanakan praktikum. Selain itu guru juga belum menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi untuk menunjang praktikum. Untuk mengatasi masalah praktikum diperlukan pengembangan bahan ajar berupa petunjuk praktikum yang dapat menunjang peserta didik pada kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan buku petunjuk praktikum berdasarkan aspek materi dan media serta menganalisis kepraktisan berdasarkan respon guru dan peserta didik terhadap buku petunjuk praktikum biologi berbasis Inkuiri Terstruktur disertai video penuntun praktikum untuk peserta didik kelas XI MAN Kota Magelang yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Model yang digunakan yaitu model pengembangan 4D yang dibatasi sampai tahap development (pengembangan). Tahapan dalam penelitian ini yaitu: 1) define (pendefinisian), terdiri dari melakukan analisis ujung depan, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis kurikulum, dan analisis tujuan pembelajaran, 2) desain (perancangan), terdiri dari pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan produk awal, 3) development (pengembangan), terdiri dari validasi ahli dan uji terbatas. Hasil penilaian aspek materi memperoleh rata-rata persentase 91,11% dengan kriteria sangat layak, hal ini dikarenakan materi/isi yang disajikan sesuai CP, akurat, mudah, runtut, sesuai dengan sintaks inkuiri terstruktur, pemilihan desain sesuai, terdapat pendukung penyajian, bahasa yang digunakan efektif, jelas dan sesuai dengan PUEBI. Penilaian aspek media memperoleh rata-rata persentase 97,32% dengan kriteria sangat layak, hal ini dikarenakan ukuran buku sesuai, desain sampul menarik, tata letak dan ukuran tulisan sesuai, warna sesuai, desain isi selaras, sesuai, tepat, konten jelas, dan mudah dipahami. Penilaian respon guru memperoleh rata-rata persentase 95% dengan kriteria sangat praktis, hal ini dikarenakan materi/isi sesuai dengan CP, sesuai dengan pembelajaran, terdapat pendukung penyajian, bahasa efektif, sesuai, penggunaan mudah, dan bermanfaat. penilaian respon peserta didik memperoleh rata-rata persentase 89,21% dengan kriteria sangat praktis, hal ini dikarenakan materi/isi yang Pembelajaran biologi tidak hanya terdiri teori akan tetapi juga kegiatan praktikum. Kegiatan praktikum di MAN Kota Magelang belum menggunakan petunjuk praktikum khusus dan hanya menggunakan LKS berisi langkah kerja praktikum yang belum disajikan secara rinci sehingga peserta didik merasa kesulitan dalam melaksanakan praktikum. Selain itu guru juga belum menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi untuk menunjang praktikum. Untuk mengatasi masalah praktikum diperlukan pengembangan bahan ajar berupa petunjuk praktikum yang dapat menunjang peserta didik pada kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan buku petunjuk praktikum berdasarkan aspek materi dan media serta menganalisis kepraktisan berdasarkan respon guru dan peserta didik terhadap buku petunjuk praktikum biologi berbasis Inkuiri Terstruktur disertai video penuntun praktikum untuk peserta didik kelas XI MAN Kota Magelang yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Model yang digunakan yaitu model pengembangan 4D yang dibatasi sampai tahap development (pengembangan). Tahapan dalam penelitian ini yaitu: 1) define (pendefinisian), terdiri dari melakukan analisis ujung depan, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis kurikulum, dan analisis tujuan pembelajaran, 2) desain (perancangan), terdiri dari pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan produk awal, 3) development (pengembangan), terdiri dari validasi ahli dan uji terbatas. Hasil penilaian aspek materi memperoleh rata-rata persentase 91,11% dengan kriteria sangat layak, hal ini dikarenakan materi/isi yang disajikan sesuai CP, akurat, mudah, runtut, sesuai dengan sintaks inkuiri terstruktur, pemilihan desain sesuai, terdapat pendukung penyajian, bahasa yang digunakan efektif, jelas dan sesuai dengan PUEBI. Penilaian aspek media memperoleh rata-rata persentase 97,32% dengan kriteria sangat layak, hal ini dikarenakan ukuran buku sesuai, desain sampul menarik, tata letak dan ukuran tulisan sesuai, warna sesuai, desain isi selaras, sesuai, tepat, konten jelas, dan mudah dipahami. Penilaian respon guru memperoleh rata-rata persentase 95% dengan kriteria sangat praktis, hal ini dikarenakan materi/isi sesuai dengan CP, sesuai dengan pembelajaran, terdapat pendukung penyajian, bahasa efektif, sesuai, penggunaan mudah, dan bermanfaat. penilaian respon peserta didik memperoleh rata-rata persentase 89,21% dengan kriteria sangat praktis, hal ini dikarenakan materi/isi yang
Tidak tersedia versi lain