Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK SMP
Kemampuan literasi numerasi adalah kemampuan yang dikolaborasikan dengan pengetahuan matematika untuk menyelesaikan persoalan pada aktivitas sehari-hari dengan menerapkan simbol dan angka untuk mendapatkan informasi dalam bentuk tabel, grafik, dan bagan. Kemampuan literasi numerasi peserta didik di SMP Negeri 1 Candimulyo memiliki nilai rerata 42,74 dan tergolong rendah. Hal tersebut dikarenakan guru belum memanfaatkan media pembelajaran secara maksimal dan model pembelajaran yang digunakan belum mampu mengembangkan kemampuan literasi numerasi peserta didik, sehingga peserta didik masih kesulitan dalam mengerjakan soal kemampuan literasi numerasi. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan kemampuan literasi numerasipeserta didik dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan LKPD. Tujuan lainnya adalah menganalisis perbandingan antara pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan LKPD dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model quasi experimental dengan bentuk post-test only control group design menggunakan instrumen penelitian berupa soal post-test kemampuan literasi numerasi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, lembar validasi, dan instrumen tes. Variabel bebasnya ialah model pembelajaran dan kemampuan literasi numerasi sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan cluster random sampling.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan literasi numerasi peserta didik yang memperoleh model pembelajaran TGT berbantuan LKPD mencapai ketuntasan secara klasikal dan kemampuan literasi numerasi peserta didik dengan model pembelajaran TGT berbantuan LKPD lebih baik dibandingkan kemampuan literasi numerasi peserta didik dengan model pembelajaran langsung. Penerapan Teams Games Tournament dengan LKPD dapat menjadi alternatif model dan media pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan lebih baik dan kemampuan literasi numerasi peserta didik dapat berkembang.
Tidak tersedia versi lain