PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM IKLAN PEPSODENT DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS IKLAN SMP KELAS VIII

DINAYANTI - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan penggunaan tindak tutur direktif dalam
iklan Pepsodent di YouTube. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk
strategi dan fungsi tindak tutur direktif dalam iklan Pepsodent, serta
implementasinya sebagai bahan ajar menulis teks iklan pada pembelajaran bahasa
Indonesia kelas VIII SMP. Iklan Pepsodent dipilih karena merupakan salah satu
iklan komersial yang efektif memanfaatkan tindak tutur direktif untuk
memengaruhi audiens agar tertarik menggunakan produk yang ditawarkan. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan
data berupa teknik catat dan metode simak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
strategi tindak tutur direktif dalam iklan Pepsodent meliputi perintah, ajakan,
permintaan, nasihat, dan larangan yang disampaikan secara langsung maupun tidak
langsung. Analisis data menunjukkan strategi langsung literal sebanyak dua data,
langsung tak literal dua data, tidak langsung literal empat data, dan tidak langsung
tak literal dua data. Sementara itu, fungsi tindak tutur direktif yang ditemukan
meliputi permintaan satu data, perintah sebelas data, ajakan lima data, larangan dua
data, dan nasihat empat data. Secara keseluruhan, jumlah data hasil analisis strategi
dan fungsi tindak tutur direktif dalam iklan Pepsodent sebanyak tiga puluh tiga data.
Penelitian ini nantinya akan diimplementasikan ke dalam bahan ajar handout
menulis teks iklan bagi siswa kelas VIII SMP untuk meningkatkan pemahaman dan
keterampilan menulis teks iklan secara efektif.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi INDONESIA DIN T 2025
107-UN57.U1-SIN-X-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA DIN T 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;130 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?