Text
SKRIPSI TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM IKLAN PEPSODENT DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS IKLAN SMP KELAS VIII
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan penggunaan tindak tutur direktif dalam
iklan Pepsodent di YouTube. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk
strategi dan fungsi tindak tutur direktif dalam iklan Pepsodent, serta
implementasinya sebagai bahan ajar menulis teks iklan pada pembelajaran bahasa
Indonesia kelas VIII SMP. Iklan Pepsodent dipilih karena merupakan salah satu
iklan komersial yang efektif memanfaatkan tindak tutur direktif untuk
memengaruhi audiens agar tertarik menggunakan produk yang ditawarkan. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan
data berupa teknik catat dan metode simak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
strategi tindak tutur direktif dalam iklan Pepsodent meliputi perintah, ajakan,
permintaan, nasihat, dan larangan yang disampaikan secara langsung maupun tidak
langsung. Analisis data menunjukkan strategi langsung literal sebanyak dua data,
langsung tak literal dua data, tidak langsung literal empat data, dan tidak langsung
tak literal dua data. Sementara itu, fungsi tindak tutur direktif yang ditemukan
meliputi permintaan satu data, perintah sebelas data, ajakan lima data, larangan dua
data, dan nasihat empat data. Secara keseluruhan, jumlah data hasil analisis strategi
dan fungsi tindak tutur direktif dalam iklan Pepsodent sebanyak tiga puluh tiga data.
Penelitian ini nantinya akan diimplementasikan ke dalam bahan ajar handout
menulis teks iklan bagi siswa kelas VIII SMP untuk meningkatkan pemahaman dan
keterampilan menulis teks iklan secara efektif.
Tidak tersedia versi lain