Text
SKRIPSI BAHASA IKLAN PERNIAGAAN SURAT KABAR KEDAULATAN RAKYAT DAN IMPLEMENTASI PENGAJARANNYA
Skripsi ini berjudul," Bahasa Iklan Perniagaan Surat Kabar Kedaulatan Rakyat dan Implementasi Pengajarannya". Tujuan yang dicapai melalui penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bahasa iklan perniagaan dalam surat kabar Kedaulatan Rakyat yang terbit mulai Juli 1999 Juni 2000, yang meliputi bentuk bahasa dan cara penyampaian isinya.
Dalam mencapai tujuan tersebut diperlukan data penggunaan bahasa iklan. Data-data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan metode simak dengan teknik catat, yaitu mencatat ragam kalimat iklan perniagaan yang terdapat dalam surat kabar Kedaulatan Rakyat pada kartu data. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode padan dengan teknik hubung banding. Data dihubung-hubungkan, diatur, dipilih dan dipilah sehingga ditemukan saling hubungan kemudian diklasifikasikan. Pertama mengelompokan jenis data yang meliputi aspek ejaan, morfologi, sintaksis dan leksikon. Kedua penulis mengelompokan jenis data menurut cara penyampaiannya.
Hasil analis bentuk bahasa iklan perniagaan dari aspek ejaan ditemukan (1) penulisan kata dan (2) penggunaan tanda baca yang beraneka ragam contoh, Paling baik..... simpan beras, dalam COSMOS karena kosmos menyimpan beras lebih lama. (KR 4/10 1999). Dari analis Morfologi ditemukan penggunaan bentek dasar, aplikasi, penanggalan afiks dan kata serta bentuk kata ulang. Misalnya, Mobil tampil beda dng sarung jok Korea/Milenium mengerjakan plafond karpet/bekleding rubah jok 1 hari. Monjali 251 Yk (KR/13/6/2000). Dari analisis sintaksis ditemukan adanya iklan dalam bentuk (1) frasa, (2) kalimat tunggal, (3) kalimat majemuk setara, (4) kalimat majemuk bertingat, kalimat majemuk campuran dan (6) wacana. Contoh, Camera Nikon (KR/28/2/2000), Neril menghentikan dan mencegah kerontokan sekaligus merangsang pertumbuhan rambut anda. (KR/8/9/1999). Dari aspek leksikon ditemukan penggunaan (1) kata serapan bahasa asing dan daerah (2) penggunaan kata berima (3) peribahasa, Majas idiom serta (6) ragam lisan. Misalnya, Kunjungi Millenium Auto Expo dan lihat tongkrongannya (KR/11/3/2000). Datang lagiiiii..... Hujan lagiiiii...... Besar lagi hadiahnya... Honda Supra di Yogya. (KR/10/8/1999)
Analisis cara penyampaian isi iklan perniagaan meliputi penggunaan (1) kalimat berita, misalnya, Termurah di Yogya khusus di Optik Naufal Mataram, (KR/28/2/2000), (2) kalimat tanya misalnya, Foto keluarga di suasana lebaran? Hub: Agatha Photo Jl. Asem Gede 24 telp 565262. (KR/12/1/2000), (3) kalimat suruh dan gabungan dari ketiga macam kalimat tersebut. Misalnya, Peluang Usaha Tanpa Modal Besar Mari bergabung bersama kami IFA (Indonesia Fortivear Agencies) (KR/11/3/2000), Polusi ruangan? Tidak lagi! Five season, (KR/17/6/2000).
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain