Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) BERBANTUAN WEBSITE INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MTs
Kemampuan pemecahan masalah sangat dibutuhkan dalam proses
pembelajaran matematika. Dalam konteks pendidikan, kemampuan ini tidak hanya
melibatkan penguasaan pengetahuan faktual, akan tetapi juga keterampilan berpikir
kritis dan kreatif. Kemampuan pemecahan masalah membantu seseorang
memahami persoalan dan menemukan solusi yang tepat secara efektif. Kendati
demikian, kenyataan menunjukkan bahwa hasil tes awal kemampuan pemecahan
masalah pada peserta didik kelas VII di MTs Negeri 01 Purworejo memiliki rata
rata 49 dimana nilai tersebut masuk pada kategori rendah. Dari hasil observasi
proses pembelajaran serta wawancara yang dilakukan dengan guru dan peserta
didik, model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah peserta didik belum bisa dikatakan efektif.
Penelitian dilakukan guna menganalisis keefektifan model pembelajaran.
Tujuan dari penelitian yakni: (1) Menganalisis penggunaan model pembelajaran
Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantuan website
interaktif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik; (2)
Menganalisis penggunaan model pembelajaran langsung dalam meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah peserta didik; (3) Menganalisis seberapa efektif
penggunaan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending
(CORE) berbantuan website interaktif dibanding model pembelajaran langsung
dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik
Tidak tersedia versi lain