Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL PADA MATERI STRUKTUR BUMI DAN PERKEMBANGANNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMP
Berdasarkan miskonsepsi pemahaman siswa tentang awan panas dari
penelitian terdahulu. Berdasarkan hasil belajar kognitif materi struktur bumi
dan perkembangannya maupun hasil belajar kognitif materi sejenisnya yang
masih rendah dari beberapa penelitian terdahulu. Dapat diketahui bahwa hasil
belajar kognitif siswa masih rendah untuk materi struktur bumi dan
perkembangannya karena miskonsepsi, siswa masih menghafal saja,
pemahaman siswa kurang, kemampuan berpikir abstrak dan imajinasi siswa
kurang, siswa kurang perhatian dan senang terhadap pembelajaran, keaktifan
siswa kurang, dsb. Berdasarkan beberapa penelitian terdahulu ditemukan
bahwa PBL dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa karena
meningkatnya keaktifan siswa, kemampuan berpikir kreatif, keterampilan
berpikir dan keterampilan mengatasi masalah dengan berbagai sudut pandang,
aktivitas berpikir, pemahaman konsep siswa, dsb melalui berbagai perlakuan
dari beberapa penelitian tersebut. Maka tujuan penelitian ini adalah membuat
dan mengembangkan LKPD berbasis PBL materi struktur bumi dan
perkembanganya untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa SMP
berdasarkan taksonomi bloom C1-C4, serta menguji kelayakannya. Penelitian
ini adalah penelitian pengembangan atau penelitian R&D dengan model
ADDIE. Produk LKPD di uji kelayakannya oleh para ahli menggunakan
lembar validitas dan dihitung dengan rumus v’aiken. Bagian-bagian produk
akhir LKPD terdiri dari halaman sampul, daftar isi, kompetensi dan indikator
hasil belajar, kegiatan belajar materi gempa bumi, kegiatan belajar materi
gunung meletus, kegiatan belajar materi tsunami, materi, dan daftar pustaka.
Ketiga validator menyatakan bahwa LKPD layak digunakan dengan sedikit
revisi dan peneliti telah memperbaikinya sesuai saran para validator.
Tidak tersedia versi lain